PENTINGNYA MEMBANGUN PENDIDIKAN SAINS YANG RELEVAN DENGAN AJARAN ISLAM


Abstract


Ilmu pengetahuan (sains) adalah himpunan pengetahuan manusia yang dikumpulkan melalui proses pengkajian dan dapat dinalar atau dapat diterima oleh akal. Dengan kata lain, sains dapat didefinisikan sebagai kumpulan rasionalisasi kolektif insani atau sebagai pengetahuan yang sudah sistematis. Dalam sains sebagian orang menganggap pembuktian kebenaran itu harus dapat dilakukan dengan metodologi yang sistematis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitianmurni deskriptif kualitatifdengan alasan informasi yang digunakan dalam penelitian ini bukan berupa angka-angka melainkan berupa data-data baik dari buku, jurnal, majalah, atau surat kabar yang semua itu akan digambarkan secara jelas dan terperinci untuk mengembangkan teori pendidikan sains yang relevan dengan ajaran Islam. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa; 1. Sains merupakan ilmu/pengetahuan yang dapat menjelaskan sebuah gejala/fenomena alam, sehingga berguna bagi kehidupan manusia. 2. Sains yang relevan dengan ajaran Islam harus dapat menjadi media untuk mengingat Allah dan memajukan peradaban masyarakat Islam. 3. Banyak ayat-ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang fenomena alam dan keutamaan ilmu pengetahuan. Oleh karena itulah, banyak ilmuwan yang dalam mempelajari sains mencari referensi dari al-Qur’an.


Keywords


Pendidikan Sains;Ajaran Islam

References


Al-Imam al-Syaikh Ibrahim bin Ismail. Tth. Ta’lim al-Muta’allim. Semarang: Pustaka al-Alawiyah.

Bakar, Osman, 1991. Tauhid Dan Sains, Jakarta : Pustaka Hidayah.

Butt, Nasim. 2001. Sains dan Masyarakat Islam (Diterjemahkan oleh Masdar Hilmy dari Buku Science and Muslim Society). Bandung: Pustaka Hidayah.

Fauziyah, Lilis R.A. dan Andi Setyawan. 2009. Kebenaran al-Qur’an dan Hadits. Solo: Tiga Serangkai.

Mahdi, Ghulsyani. 2001. Filsafat-Sains Menurut Al-Qur’an (Diterjemahkan oleh Agus Efendi dari Buku The Holy Quran and the Science of Nature). Bandung: Penerbit Mizan.

Noordin, Sulaiman. 2000. Sains Menurut Perspektif Islam (Diterjemahkan oleh Munfaati). Jakarta: Dwi Rama.

Sri Jumini. Kerangka Kualifikasi Keilmuan Fisika UNSIQ. PPKM, Vol.3, No.1. 2016. 41

Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir al-Qur’an. 1990. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir al-Qur’an

http://my.opera.com/ilmyaku/blog/2009/11/04/sains-dalam-islam diakses pada 28 Agustus 2018 pukul 11.00 WIB

http://id.shvoong.com/humanities/philosophy/1786489-pengertian-filsafat-sains/log diakses pada tanggal 28 Agustus 2018 pukul 19.00 WIB

http://www.junaidi.co.cc/2010/03/pengertian-sains-teknologi-dan-seni.html diakses pada tanggal 29 Agustus 2018 pukul 13.00




Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait