INKUIRI BERBASIS POTENSI LOKAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

Agustinasari Agustinasari, Endang Susilawati
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v4i2.58

Abstract


Pembelajaran dengan memanfaatkan potensi lokal pada pembelajaran fisika merupakan inovasi pembelajaran yang menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual. Pengembangan desain pembelajaran dilakukan dengan melkaukan studi pendahuluan berupa: wawancara, obervasi, dan analisis literatur. Hasil dari studi pendahuluan menyatakan bahwa ketermapilan berpikir kritis siswa masih rendah. Berdasarkan studi pendahuluan, langkah-langkah desain pembelajaran inkuiri dengan menggunakan potensi lokal adalah: (1) mempresentasikan masalah berdasarkan potensi lokal masyrakat sekitar; (2) mengumpulkan dan memverifikasi data; (3) mengumpulkan data melalui eksperimen; (4) mengorganisasi data dan merumuskan kesimpulan; (5) menganalisis proses inkuiri.


Keywords


Potenso Lokal;Keterampilan Berpikir Kritis

References


Aktamis, H. & Yenicea, N. 2010. Determination of The Science Process Skills and Critical Thinking Skill Levels. Procedia Social and Behavioral Sciences 2, 3282–3288

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Dasar dan Menenangah.

Endang Susilawati & Agustinasari. 2017. The Analysis of Science Process Skill Toward Student of Physics Education in Academic Year 2015/2016. Proceding of International of Seminar on Science Education, Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2 Oktober 2016, 99-107

Llyod, M. & Bahr, N. 2010. Thinking Critically about Critical Thinking in Higher Education. International Journal for The Scholarship of Teaching and Learning, 4 (2), 1-16

Mundilarto. 2010. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: P2IS Jurdik Fisika FMIPA UNY

OECD. 2016. Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2015. Diunduh dari https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf pada 8 Juni 2017

Sarah, S dan Maryono.2014.Keefektifan PembelajaranBerbasis PotensiLokal dalam PembelajaranFisika SMAdalamMeningkatkanLivingValuesSiswa. JurnalPendidikanSainsUniversitasNegeriSemarang,02 (01), 36-42

Tursina Ratu. (2015). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Physics HOTS) Pendidik di SMAN se-Kota Bima NTB.Tesis. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/28031/pada 8 Juni 2017 03.43 WITA.




Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait