PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU SAINS SMP DALAM PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION

Eli Trisnowati, Desi Nurhikmahyanti
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v4i2.56

Abstract


Penyelenggara pendidikan dalam hal ini adalah guru harus memiliki prestasi kerja sesuai dengan tupoksinya, yaitu dalam bidang kegiatan: (1) pendidikan, (2) proses pembelajaran, (3) pengembangan profesi dan (4) penunjang proses pembelajaran. Tujuan kegiatan ini melakukan kegiatan pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan model direct instruction. Peningkatan keterampilan guru ini dengan capaian indikator sebagai berikut. 1) Guru mampu menemukan ide penyusunan penelitian tindakan kelas. 2) Guru mampu merancang pelaksanaan penelitian tindakan kelas. 3) Menerapkan sistematika penulisan proposal yang sesuai dengan kaidah. 4) Menyusun proposal penelitian tindakan kelas. Keempat indikator tersebut terlihat dengan adanya proposal yang dibuat oleh guru. Motivasi guru dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas (PTK) meningkat karena fokus hasil pelatihan adalah bentuk jadi proposal penelitian tindakan kelas. 75% guru memiliki keinginan untuk menulis proposal PTK setelah kegiatan pelatihan PTK. Hal ini karena guru masih membutuhkan pendampingan penulisan proposal PTK secara intensif.


Keywords


keterampilan;proposal penelitian tindakan kelas;model direct instruction

References


Indra Sakti. 2013. “Pengaruh Media Animasi Fisika dalam Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu”, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung.

Indra Sakti, Yuniar Mega Puspasari dan Eko Risdianto. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (direct instruction) melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu, Exacta, 10 (1), pp. 1-10.

Joan E. Talbert and Milbrey W. McLaughlin. 1994. Teacher Professionalism in Local School Contexts, American Journal of Education, 102(2), 123-153. DOI: https://doi.org/10.1086/444062

Kepmendikbud No.02/O/1995: 44-45

Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research (Jilid-1). Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wina Sanjaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait