PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAMPERENCANAAN PENILAIAN AUTENTIK DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK DAN MENTOR GURU SERUMPUN DI SMP NEGERI 2 SELOMERTO WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Abstract


Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran merupakan tugas pokok guru mata pelajaran. Pada kurikulum 2013 penilaian pembelajaran diarahkan pada penilaian autentik yang merupakan penilaian holostoik antara pengetahuan, keterampilan dan sikap yang menggambarkan penilaian sebenarnya. Penilaian autentik perlu direncanakan oleh guru dan dituangkan dalam Rencana Pelaksaanaan Pembelajaran (RPP). Berdasarkan observasi dokumen RPP tahun 2016/2017 kemampuan guru mata pelajaran dalam perencanaan penilaian autentik di SMP Negeri 2 Selomerto masih rendah, dari 38 guru yang berkemampuan baik 79%, sedang 18%, kurang 1 %. Berdasarkan pre test penilaian autentik, pengetahuan guru tentang penilaian autentik juga nilai tertinggi 55, terendah 15, dan rata-rata 38.  Penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan peeengetahuan guru dan kemampuannya dalam merencanakan penilaia autentik dalam Rencana Peaksanaan Pembelajaran dengan memberikan tindakan Bimbingan Kelompok. Subyek penelitian ini 38 orang guru mata pelajaran kelas VII, VIII, dan IX tahun pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Selomerto Wonosobo. Penelitian dilaksanakan dengan 2 Siklus. Teknik pengumpulan data dengan tes pengetahuan tentang penilaian autentik dengan soal pilihan ganda 20 soal, dan observasi dokumen RPP dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi penilaian autentik. Teknik Analisa data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan pengetahuan penilaian autentik menggunakan statistik deskriptif. Tindakan pada Siklus I dengan melakukan bimbingan kelompok tentang pengetahuan penilaian autentik dan perencanaan penilaian autentik dalam RPP kepada subyek penelitian. Tindakan dilanjutkan pada Siklus II dengan memberikan bimbingan kelompok kecil dengan berbantuan mentor guru serumpun. Hasil penelitian pada  Siklus I: pengetahuan tentang penilaian autentik dengan ketuntasan belajar 81,57%, Kemampuan merencanakan penilaian autentik dalam RPP Amat Baik 0%, Baik 2,6%, sedang 97,4%, Kurang 0%. Pada Siklus II pengetahuan tentang penilaian autentik dengan ketuntasan belajar 100%, Kemampuan merencanakan penilaian autentik dalam RPP Amat Baik 21,1%, Baik 78,9%, Sedang 0%, Kurang 0%. Dengan demikian penelitian tindakan sekolah ini mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam perencanaan autentik dalam RPP.


Keywords


Penilaian autentik; bimbingan kelompok;mentor guru serumpun

References


Admin. Penilaian Autentik pada Proses dan Hasil Belajar.http://rofiquez.wordpress.com/2013/07/04penilaian autentik-pada-proses-dan-hasil-belajar/diakses tanggal 5 januari 2014.

Arikunto, Suharsimi, 2010, Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah, Pengawas,Yogyakarta,Aditya Media.

Helmi, John, 2014. Penilaian Otentik dalam Kurikulum 2013. Journal Al Ishlah, Vol 6.

Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian.

Prayitno, 1995, Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok ( Dasar dan Profil), Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sri Jumini. Problem Based Learning berbasis Inkuiri ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Kreativitas Siswa. Jurnal Spektra. Vol.II. No. 1. April 2016. Hal.11

Suhardjono, Supardi, 2012, Strategi Menyususn Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta, ANDI Offset.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Sukestiyarno, 2010, Statistika Dasar, Semarang, Unnes Press

Wibowo, Mungin Edi, 2005, Konseling Kelompok Perkembangan, Semarang: UNNES Press

Wijayanti, 2014 Pengembangan Autentik Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan Keterampilan Berfikir Ilmiah Mahasiswa, Journal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 3(2) hal 102-108.




Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait