FENOMENA ENTROPI DILIHAT DARI PERSPEKTIF SAINS DAN AL-QUR’AN

Muhammad Minan Chusni, Ayu Amelia, Dais Shofie Azizah, Kautsar Falah Zafira, Rena Denya Agustina
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v4i2.51

Abstract


Penelitian inimembahas tentang bagaimana fenomena entropi bisa dilihat dari perspektif sains dan al-Qur’an. Masalah pada penelitian ini antara lain bagaimana sudut pandang kita melihat fenomena entropi ini jika dilihat dari perspektif sains dan Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan fakta-fakta, atau prinsip-prinsip baru untuk mendapatkan pengertian baru mengenai peristiwa entropi jika dikaitkan dengan al-Qur’an, untuk menjelaskan kedudukan sains Al-Qur’an dengan menyebutkan ayat-ayat yang berkaitan dengan fenomena entropi sebagai sumber pendidikan yang dapat mendorong manusia supaya beriman kepada Alloh SWT, membina rohani yang tunduk dan patuh kepada ajarannya dalam bentuk akhlak dan cara hidup yang terpuji. Kegiatan penelitian dimulai dengan usaha untuk menghimpun dan menemukan hubungan-hubungan antara fakta yang diamati secara seksama. Suatu penelitian telah dimulai apabila seseorang berusaha untuk memecahkan suatu masalah, secara sistematis dengan metode ilmiah. Hubungan antara entropi dengan sains bisa dilihat dari bunyi Hukum Termodinamika II, dan hubungan entropi dengan Al-Quran seperti yang tercantum pada QS. Ar-Rahmaan ayat 9 yang menjelaskan hubungan fenomena entropi dengan ketidakteraturan atau ketidakseimbangan.


Keywords


Entropi; Al-Qur’an; Termodinamika; dan QS. Ar-Rahmaan ayat 9

References


Bakri, S. 2016. Asbabun Nuzul: Dialog Antara Teks dan Realitas Kesejarahan. Jurnal At-Tabiyan, 1(1), hal 2-18.

Chyi, Y., Yen, Y., & Chi Sun, C. 2014. An Integrate Method for Performance of Women in Science and Technology based on Entropy Measure for Objective Weighting. Qual Quant, 48, hal 157-172.

Darmawan, B. 1990. Termodinamika, Diktat Kuliah. Bandung: Jurusan Fisika ITB.Giancolli, D. C. 2001. Fisika I Edisi Kelima Alih Bahasa: Yuhilza Hanum. Jakarta : Erlangga.

Halliday. 2010. Fisika Dasar Jilid 1 (7 ed.). Jakarta: Erlangga.

Hamzah, M., & Muniroh, B. 2010. Konsep Gaya Tarik dalam Perspektif Sains dan Al-Quran. Spektra, 2(2), hal 101-132.

Holthoefer-Borge, J., Perra, N., Goncalves, B., Gonzalez-Bailon, S., Arenas, A., Moreno, Y., &Vespignani, A. 2016. The Dynamics of Information-driven Coordination Phenomena: A Transfer Entropy Analysis. Reseach Article, 2, hal 1-8.

Irhasyuarna, Y. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Kooperatif Terhadap Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Mahasiswa pada Pokok Bahasan Termodinamika Kimia. Quantum, 4, hal 105-106.

Kamin, S., & Dedi, S. 2011. Model Pembelajaran E-Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Termodinamika Teknik. INVOTEC, 7(2), hal 53-68.

Latifah, S. 2015. Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-ayat Al-Quran Pada Materi Air sebagi Sumber Kehidupan Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4(2), hal 155-164.

Maarif, S. 2015. Integrasi Matematika Dan Islam Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah, 4(02), hal 223-236.

Morran, M. J., & Shapiro, H. N. 2004. Termodinamika Teknik Jilid 1 Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Murdyah, werdhiana, I. K., & Pasaribu, M. 2016. Pengembangan Instrument Tes Representasi Thermodinamics Concept Inventory Untuk Mengukur Konsistensi Pemahaman Siswa SMA. Jurnal Mitra Sains, 4(4), hal 75-83.

Nihayati. 2017. Integrasi Nilai-Nilai Islam dengan Materi Himpunan. Edumatch, 3(1), hal 65-77.

Othman, M. F. 2017. Pendidikan Rohani Berdasarkan sains dan Al-Qur'an. ASEAN Comparative Education Research Journal on Islam and Civilization (ACER-J), 1, hal 64-77.

Sitohang, H. 2016. Perancanagan Media Pembelajaran Fisika Materi Konsep Termodinamika dalam Mesin Kalor dan Sifat-sifat Gas Ideal Monoatomik untuk SMA kelas 12 IPA. Saintekom, 6(1), hal 27-39.

Sri Jumini. Ketidakpastian Heisenberg dalam Peristiwa Isro’ mi’roj.Seminar Nasional Pendidikan Sains. Surakarta, 22 Oktober 2016. 469.

Swastika, P. 2016. Entropi, Negentropi, dan Energi Terbarukan di Indonesia. Jurnal BioTrends, 7(2), hal 28-30.

Tiandho, Y. 2017. Koreksi Gaya Gravitasi dan Efek Gravitoelektromagenetisme Berdasarkan Entropi Gavitasi Kuantum. Jurnal Matematika, Saintek, 18, hal 97-105.

Tipler, P. A. 1998. Fisika Untuk Sains dan Teknik Jilid 1 (Vol. 3). Jakarta: Erlangga.

Umar, E. 2008. Buku Pintar Fisika. Jakarta: Media Pusindo.

Wibowo, H. B., & Abdillah, L. H. 2014. Penentuan Tetapan Kecepatan dan Suhu Reaksi untuk Memilih Proses Pembuatan Butadien. Majalah Sains dan Teknologi Dirgantara, 9(1), hal 35-42.

Young, H. D., Freedman, R. A., Sandin, T., & Ford, A. L. 2001. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid 1 . Jakarta: Penerbit Erlangga .




Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait