PENYEBARAN DAN KUALITAS AIR TANAH ZONE ALUVIUM BERDASARKAN DATA GEOLISTRIK DAERAH KABUPATEN MERAUKE, PAPUA


Abstract


Air merupakan materi di alam yang sangat diperlukan (urgen) manusia maupun mahluk hidup lainnya. Selain diperlukan untuk kebutuhan dasar seperti minum, mandi, mencuci, air juga diperlukan dalam proses-proses industri.Oleh karena itu kehidupan ini tidak mungkin dipertahankan tanpa air. Berdasarkan pentingnya air tersebut bagi manusia maka telah dilakukan kajian metode geolistrik dengan tujuan mengetahui penyebaran dan kualitas air tanah zona aluvium di Kabupaten Merauke. Metode ini dikenal memiliki ambiguitas, sehingga untuk mendapatkan hasil intepretasi yang optimal (mendekati yang sebenarnya) maka pada penelitian ini digunakan beberapa data pendukung yaitu peta geologi, tahanan jenis tabel dan beberapa sumur penduduk. Metode ini menggunakan sistem induksi arus listrik untuk mengetahui resistivitas batuan bawah permukaan. Variasi resistivitas dapat menunjukkan perbedaan komposisi, ketebalan atau tingkat kontaminasi. Hasil pemrosesan data berupa distribusi tahanan jenis batuan menunjukkan bahwa daerah penelitian memiliki potensi air tanah baik berupa air tanah tertekan maupun air tanah bebas. Air tanah bebas dapat dijumpai mulai pada kedalaman 4 hingga 15 meter. Sedangkan untuk air tanah tertekan berada pada kedalaman 90 meter. Berdasarkan distribusi nilai tahanan jenis, kualitas air tanah masih merupakan masalah karena air yang memenuhi persyaratan untuk air minum keberadaannya tidak merata. Demikian juga air tanah tertekan hanya cocok untuk digunakan pada pertanian, hal ini disebabkan kadar belerang yang tinggi (berbau) dan suhu relatif tinggi.


Keywords


air tanah; geolistrik; tahanan jenis

Full Text:

PDF

References


Fitri, A., dan Atik, R., 2014. Program penyediaan air minum berbasis masyarakat di Desa Tiris Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Artikel Ilmiah.

Heryanto dan Panggabean. 2014. Peta geologi Lembar Merauke. Irian Jaya, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung

Purnama, Ig. S., dan Sulaswono, B., 2006. Pemanfaatan teknik geolistrik untuk mendeteksi persebaran air tanah asin pada akuifer bebas di Kota Surabaya. Majalah Geografi Indonesia. Vol. 20 No. 1: 52 66.

Reynolds, J. M., 1997. An introduction to applied and environmental geophysics, Jhon Wiley and Sons, England.

Todd, D. K., 1980. Groundwater hidrogeology. John Wiley & Sons, New York.




Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Gambar terkaitHasil gambar untuk icmjeGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait