PENGEMBANGAN LMS (LEARNING MANAGEMENT SYSTEM) MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN POE2WE UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian research and development / R&D atau penelitian pengembangan secara sengaja, sistematis, bertujuan untuk menemukan, merumuskan, memperbaiki, mengembangkan, menghasilkan, menguji keefektifan produk, model, metode/strategi/cara, prosedur tertentu yang lebih unggul, baru, efektif, efisien, produktif, dan bermakna. Responden penelitian adalah 233 mahasiswa dari dua Perguruan Tinggi program studi S1 Pendidikan Fisika, D4 Keperawatan dan Profesi Ners di Kota Tasikmalaya. Pengembangan model pembelajaran POE2WE ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi yang kemudian dihasilkan produk berupa Learning Management System (LMS) yang dapat diakses oleh mahasiswa kapan saja dan dimana saja untuk menunjang pembelajaran di era revolusi industri 4.0 saat ini. Oleh ahli, pengembangan LMS menggunakan model pembelajaran POE2WE ini mendapatkan skor rata-rata 4,11 dan presentase akhir sebesar 82,13%. Sedangkan oleh mahasiswa, memperoleh skor rata-rata presentase akhir 81,13%. Artinya dari 15 pertanyaan yang ada di kuesioner dapat dikatakan bahwa rata-rata ahli dan mahasiswa Setuju dengan masing-masing pertanyaan yang ada dalam kuesioner, sehingga Learning Management System (LMS) menggunakan model pembelajaran POE2WE ini masuk kategori sangat baik. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa pengembangan LMS ini memberikan manfaat kepada mahasiswa untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh di era revolusi industri 4.0.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Bao, W. (2020). COVID-19 and Online Teaching in Higher Education: A Case Study of Peking University. Human Behavior & Emerging Technologies. 2:113–115
Calimag, J. N., Mugel, P. A., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubquitous Learning Environment Using Android Mobile Application. International Journal of Research in Engineering & Technology. 2(2): 119-128.
Cowan, R. S. (2012). The “Industrial Revolution” in the Home: Household Technology and Social Change in the 20th Century. Domestic Ideology and Domestic Work, 17(1), 375–397. https://doi.org/10.1515/97831109 68842.375
Crawford, J., Butler-Henderson, K., Rudolph, J., Glowatz, M., Burton, R., Paola, M., & Lam, S. (2020). COVID-19: 20 Countries’ Higher Education Intra-Period Digital Pedagogy Responses. Journal of Applied Learning & Teaching. 3(1): 1 – 20.
DeVore, S. & Sing, C. (2020). Interactive Learning Tutorial on Quantum Key Distribution. Physical Review Physics Education Research 16, 010126.
Formanek, M., Buxner, S., Impey, C., & Wenger, M. (2019). Relationship between Learners’ Motivation and Course Engagement in an Astronomy Massive Open Online Course. Physical Review Physics Education Research 15, 020140.
Frader, L. L. (2006). The Industrial Revolution. New York: Oxford Unive.
Halili, S. H. (2019). Technological Advancements In Education 4 . 0, 7(1), 63–69.
International Labour Organization. (2020). Impact Of Lockdown Measures On The Informal Economy. ILO brief.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi. (http://promkes.kemkes.go.id/download/eqgn/files80007KMK%20No.%20HK.01.07-MENKES-328-2020%20ttg%20Panduan%20Pencegahan%20Pengendalian%20COVID-19%20di%20Perkantoran%20dan%20Industri.pdf).
Kementerian Keuangan RI. (2020). Pemerintah Waspada Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Siaran Pers no. SP – 27 /KLI/2020.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease. (https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE%20Menteri%20Nomor%204%20Tahun%202020%20cap.pdf).
Kementerian Perhubungan RI. (2020). Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). (http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2020/PM_25_TAHUN_2020.pdf).
Nana, S., Akhyar, M., & Rochsantiningsih, D. (2014). Pengembangan Pembelajaran Fisika SMA Melalui Elaboration Write and Evaluation (EWE) dalam Kurikulum 2013. In Seminar Nasional Pendidikan Sains.
Oye, N.D., Salleh, M., & Iahad, N.A. (2012). E-Learning Methodologies and Tools. International Journal of Advanced Computer Science and Applications. 3(2): 48-52.
Putra, I.A. & Sujarwanto, E. (2017). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Melalui Bahan Ajar Multimedia Interaktif Alat Ukur dan Pengukuran dengan Pendekatan Behavioristik. Momentum: Physics Education Journal. 1(2): 91-102.
Reimers, F.M., Schleicher A., & Ansah G.A. (2020). Schooling Disrupted, Schooling Rethought: How the Covid-19 Pandemic is Changing Education. OECD.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rockyane, I. S., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash Dalam Pembelajaran Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5).
Shahabadi, M.M. & Uplane, M. (2014). Synchronous and Asynchronous E-Learning Styles and Academic Performance of E-Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences 176: 129 – 138.
Sintema, E.J. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students: Implication for STEM Education. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 16(7): 1 – 6.
Stearns, P. N. (2013). The Industrial Revolution in World History (4th ed.). USA: Westview Press.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Trianto, M.Pd. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.
Wilcox, B.R. & Pollock, S.J. (2019). Investigating Students’ Behavior and Performance in Online Conceptual Assessment. Physical Review Physics Education Research 15, 020145.
Copyright (c) 2022 Dr Nana M.Pd

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |