ANALISIS KESETIMBANGAN BENDA DENGAN HUKUM I NEWTON

Eli Trisnowati, Rifki Niza, Ismiyatun F
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v3i2.30

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara data ? dan ? hasil penelitian dengan teori.Mekanika klasik atau mekanika Newton adalah teori tentang gerak yang didasarkan pada konsep massa dan gaya dan hukum-hukum yang menghubungkan konsep-konsep fisis ini dengan besaran kinematika. Semua gejala dalam mekanika dapat digambarkan dengan menggunakan hanya dengan tiga hukum sederhana yang dinamakan hukum Newton tentang gerak. Hukum Newton menghubungkan percepatan sebuah benda dengan massanya dan gaya-gaya yang bekerja padanya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk membuktikan aplikasi Hukum I Newton.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat yang berupa katrol. Pada percobaan pertama dengan mengubah massa dan mengamati berapa sudut ?. Kemudian massa di tambah beban lagi. Pada percobaan yang kedua dengan sama saja dengan mengubah massa tapi dengan mengamati berapa sudut ? yang diperoleh setiap penambahan massa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh setiap penambahan beban pada sudut ?, 2) ada pengaruh terhadap sudut ? bila massanya ditambah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dimana alat yang digunakan berupa katrol, pada katrol tersebut digantungkan sebuah beban, penambahan beban pada salah satu ujung tali akan menunjukkan perubahan posisi sudut. Dari hasil percobaaan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapatperbandingan antara sudut ? dan sudut ? dengan menggunakan alat katrol.

Keywords


kesetimbanagan gaya; Hukum I Newton

Full Text:

PDF

References


Dudeliany J. A., dkk,. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-FISIKA di SMP. , Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 3, 2014, hal. 254-259

Halliday & Resnick. 1998. Fisika Dasar. Jakarta: Erlangga

Giancoli. 2001. FISIKA Edisi 5 Jilid 2 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga

Paul A, Tipler. 1998. Physicks for Scientist and Engineers,Third Edition. Jakarta : Erlangga.

Tipler Paul A. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.




Copyright (c) 2017 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains



Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait