HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PHET PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA
Abstract
Hasil belajar kognitif salah satu aspek yang diperoleh dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui pengetahuan peserta didik dilakukan uji kemampuan kognitif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan menggunakan model problem based learning berbantuan PhET dengan model problem based learning. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu quasi eksperimen “nonequievalent control group design” dengan model prettest posttest control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA di SMA Negeri 1 Tambang tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 90 peserta didik dengan sampel 59 peserta didik yang terdiri dari X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa tes hasil belajar kognitif materi usaha dan energi yang terdiri dari 20 soal objektif. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif berupa daya serap dan analisis inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t test dan independent sample t test dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap pada kelas eksperimen lebih meningkat dari pada kelas control dan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif melalui model problem based learning berbantuan PhET lebih baik dari pada model problem based learning.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdjul T. & Nova Elyesia Ntobuo. 2019. Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis PhET terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gelombang. JPFT 7 (3): 25-28
Alfandry, Z. Rosane Mendriati dan Nyoman Rohadi. 2020. Deskripsi Hambatan dan Kesulitan Guru Fisika Se-SMA Rejang Lembong Dalam Menerapkan Kurikulum 2013. Jurnal Kumparan Fisika, 4 (1): 1. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.1-8
Astutik, Reny Dwi & Mukhayyarotin Niswati Rodliyatul Jauhariyah. 2021. Studi Meta Analisis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika 7 (1): 159-168. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4525
Azizah, Rismatul, Lia Yuliati Dan Eny Latifah. 2015. Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika Pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA) 5 (2) :44-50. https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p44-50
BSNP. 2010. Paradigma pendidikan nasional abad XXI. Jakarta: BNSP Press.
Fathanmubina, Elderana. 2014. Pengaruh Penerapan Teknik “Take-Away” Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa SMA Pada Materi Hukum Newton. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Izzah, N., Asrizal dan F Mufit. 2021. Meta Analisis Pengaruh Model Project Based Learning dalam Variasi Bahan Ajar Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/SMK. Jurnal Penenlitian Pembelajran Fisika 12 (2): 160. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8970
Marlinda., Abdul H., & Ilham Maulana. 2016. Perbandingan Penggunaan Media Virtual Lab Simulasi PhET (Physics Education Tekhnology) Dengan Metode Eksperimen Terhadap Motivasi Dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 4 (1):79-93
Mayasari, Tantri, Asep Kadarohman, Dadi Rusdiana & Ida Kaniawati. 2016. Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?.JPFK 2 (1) : 49-55.http://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Nabilla Tasya., dan Agung Prasetyo Abadi. 2019. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Parasamya, Cut Eka dan A. Wahyuni. 2017. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika.2 (1):42-49
Puspitasari, Risky.P., Sutarno Dan I Wayan Dasna. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siwa Kelas V SD.JurnalPendidikan,5(4):503-511. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371
Saputra, R., Susilawati &Ni Nyoman Sri Putu Verawati. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15 (2):110.10.29303/jpm.v15i2.1459
Shofiyah, Noly Dan Fitria Eka Wulandari. 2018. Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 3 (1):33-38. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Sofyan H. Dan K. Komariah. 2016. Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi 6(3):260-271. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitafi, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tanjung, Yul Ifda & Abu Bakar. 2019. Pengembangan Instrumen Tes Fisika Berbasis dimensi Pengetahuan Konseptual Dari Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Pendidikan Fisika 8 (2):144-148
Zahara, S.R, Yusrizal, & Rahwanto, A. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3 (1):251-258
Copyright (c) 2022 Khairunnisa Putri, Muhammad Nasir, Fakhruddin Z

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |