PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI LIVEWORKSHEET PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 23 MALANG

Agung Mulyo Setiawan, Fairuza Yumna Sholiha
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v8i2.266

Abstract


Salah satu faktor yang menjadi penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah media lembar kerja siswa yang digunakan kurang menarik. Berdasarkan studi literatur, Liveworksheet merupakan aplikasi yang dapat membuat lembar kerja siswa menjadi lebih menarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu, menjelaskan proses pengembangan, mengetahui kelayakan dari produk lembar kerja siswa berbantuan aplikasi Liveworksheet yang dibuat, serta mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah mengaplikasikan lembar kerja siswa berbantuan aplikasi Liveworksheet. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Dari penelitian ini diperoleh hasil berupa data kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket uji validasi, angket motivasi belajar siswa, angket uji kepraktisan guru, dan angket uji keterbacaan siswa. Hasil dari validasi media dan materi oleh validator secara berturut-turut adalah 91,3% dan 95,6% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil dari uji keterbacaan siswa didapatkan nilai 84,4% yang termasuk dalam kategori valid. Hasil dari uji kepraktisan guru juga didapatkan nilai 98,4% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Sedangkan hasil dari angket motivasi belajar siswa, diperoleh peningkatan sebanyak 8,6% setelah mengaplikasikan lembar kerja siswa berbantuan aplikasi Liveworksheet. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa produk lembar kerja siswa berbantuan aplikasi Liveworksheet yang kami kembangkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa SMPN 23 Malang.

Keywords


Lembar Kerja Siswa; Liveworksheet; Motivasi Belajar; Pesawat Sederhana



Copyright (c) 2022 Agung Mulyo Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Gambar terkaitHasil gambar untuk icmjeGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait