PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF FUN CLASS BERBASIS GOOGLE SLIDE PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Nady Ramadhany, Novanita Whindi Arini
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v8i2.259

Abstract


Media interaktif Fun Class berbasis Google Slides merupakan sarana edukasi digital yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran pada mata pelajaran IPA Bentuk tubuh fisik dan gerak hewan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain produk awal, pengembangan produk, implementasi produk dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara dan angket. Validasi media dilakukan oleh ahli materi ujian, ahli media, dan ahli pendidikan. Penelitian dilakukan di SDN Kaliabang Tengah VIII Kota Bekasi dengan objek peserta didik dan guru Kelas 4A. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media interaktif Fun Class berbasis Google Slides dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: pengembangan, media interaktif, ilmu pengetahuan alam


References


A. F. Pakpahan et al., Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020.

T. Nurrita, “Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa,” MISYKAT J. Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadist Syari Ah Dan Tarb., vol. 3, no. 1, pp. 171–210, 2018.

R. M. Syafitri and S. M. Kiftia, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ‘Digital Activity Work Book’ Menggunakan Google Slides Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD,” EduStream J. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 1, 2021.

E. Andayani, “Efektivitas Berbagai Macam Fitur Google Sebagai Media Pembelajaran Program Studi Pendidikan Ekonomi,” J. Penelit. dan Pendidik. IPS, vol. 15, no. 2, pp. 218–225, 2021.

S. Purnamasari, A. Heryawan, and R. Ardie, “Pengembangan Model Media Pembelajaran Berbasis Google Slide Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP,” JTPPm (Jurnal Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran) Edutech Intructional Res. J., vol. 6, no. 1, 2019.

P. G. O. Artawan, N. Kusmariyatni, and D. N. Sudana, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 3, no. 3, pp. 452–458, 2020.

L. Fakhriah, R. A. Pramadi, and M. Listiawati, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Google Slide Berbantu Aplikasi Pear Deck pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 1, pp. 15–21, 2022.

A. P. Setiawan, L. Masruri, S. A. P. Trastianingrum, and E. Purwandari, “Metode pembelajaran daring akibat COVID-19: Perspektif pelajar dan mahasiswa,” Proyeksi J. Psikol., vol. 16, no. 1, pp. 83–91, 2021.

S. J. Purnama and P. Pramudiani, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2440–2448, 2021.

N. Mila, A. N. Q. A. Alisyahbana, N. Arisah, and M. Hasan, “Efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran daring,” Pros. Penelit. Pendidik. dan Pengabdi. 2021, vol. 1, no. 1, pp. 181–188, 2021.




Copyright (c) 2022 Nady Ramadhany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait