PENERAPAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN KOMUNIKASI LISAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNTAN PADA KULIAH FISIKA DASAR II
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan multirepresentasi dan sekaligus hubungannya dengan kemampuan komunikasi lisan mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Untan pada kuliah Fisika Dasar II. Manfaat penelitian ini adalah sebagai acuan bagi dosen untuk memahami kemampuan multirepresentasi mahasiswa dalam pemecahan masalah fisika dasar II tentang geometri optik. Perkuliahan diharapkan membenahi dan meningkatkan kualitasnya dalam mengajar mahasiswa melalui model pembelajaran baru yang diciptakannya (model pembelajaran PBM). Penelitian ini merupakan gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif, penelitian kualitatif digunakan untuk memperoleh data, sedangkan jenis penelitian yang digunakan untuk memperoleh data kuantitatif pada data utama. Jenis penelitian kuantitatif dalam penelitian ini dimaksudkan sebagai komponen kecil yang membantu untuk menggambarkan situasi belajar yang diteliti. Hasil penelitian ini pada akhirnya dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan mengembangkan pembelajaran yang baik di perkuliahan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Copyright (c) 2022 Stepanus Sahala Sitompul, firdaus firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |