Studi Kelayakan Bahan Ajar Interaktif Multirepresentasi Berbantuan Articulate Storyline 3 Materi Gelombang untuk Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Bahan Ajar Interaktif Multirepresentasi (BAIM) berisi materi gelombang untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang mengadopsi model ADDIE. Produk BAIM disusun berdasarkan teori multirepresentasi. Aplikasi Articulate Storyline 3 digunakan untuk membantu penyusunan produk BAIM. Serangkaian uji kelayakan telah dilakukan terhadap produk BAIM. Pertama, uji keterpahaman ide pokok wacana yang dilakukan kepada 34 siswa SMA kelas 11 memperoleh skor 84,50 dengan kategori tinggi, artinya uraian materi beserta kontennya sudah dapat memberikan pemahaman pada siswa. Selanjutnya, dari uji validasi materi yang dilakukan kepada dua dosen ahli fisika diperoleh skor 97,22 dengan kategori sangat layak pada kesesuan materi dengan indikator dan 100 dengan kategori sangat layak pada aspek kelayakan dari segi materi. Kemudian, uji validasi media yang dilakukan terhadap seorang dosen ahli media menghasilkan skor 82,5 dengan kategori sangat layak dari segi media. Terakhir, dari uji validasi terhadap guru berpengalaman diperoleh skor 90,42 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan serangkaian hasil uji kelayakan yang sudah dilaksanakan, produk BAIM layak untuk diimplementasi dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
P. Rissa et al, “Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar Cetak Berupa Modul Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains., vol. 7, no. 2, pp. 166-176, 2021.
S. Zubaidah, “Assesment Befikir Kritis Terintegrasi Tes Essay,” Seminar Nasional Symposium on Biology Education (Symbion). Universitas Ahmad Dahlan, 2015.
Rusman, Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press, 2015.
R. Asyhar, Kreatif mengembangkan media pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta, 2012
R. Bass, A Brief Guide to Interactive Multimedia and the Study of the United States. From http://faculty.georgetown.edu/bassr/multimedia.html, 2014.
R. Ramanujam, Active Learning to Promote Critical Thinking Skills. Glasgow, 2010.
N.H. Luthfi et al., “Pengembangan Media Pembelajaran Modul Fisika Berbasis Software Sigil Berekstensi Epub untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis,” SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains., vol. 6, no. 2, pp. 125-133, 2020.
Supatmo and A. Ghufron, “Developing Learning Multimedia to Improve Critical Thinking in Mathematics at Class V of Elementary School,” International Conference on Meaningful Education, KnE Social Sciences., vol. 1, pp. 17–26, 2019.
R.Z. Firdaus et al., “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu., vol 4, no. 3, pp. 681 – 689, 2020.
F.Y. Isnaneny et al., “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Ums Pada Materi Sistem Gerak Manusia,” Jurnal Inkuiri., vol. 7, no. 1, pp. 111-120, 2018.
Sutopo, “Students Understanding of Fundamental Concepts of Mechanical Wave,” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia., vol. 12 no. 1, pp. 41-53, 2016.
M.C. Wittmann et al, “Making sense of how students make sense of mechanical waves,” Physics Teacher., vol. 37, no. 1, pp 15-21, 1999.
A. Tongchai et al, “Developing, evaluating and demonstrating the use of a conceptual survey in mechanical waves,” International Journal of Science Education., vol. 31, no. 18, pp. 2437—2457, 2009.
E. M. Kennedy and R. John, “Understanding of mechanical waves among second-year physics majors,” Can. Journal Physic., vol. 89, pp. 1155-1161, 2011.
M. Kryjevskaia et al, “Student understanding of wave behavior at a boundary: The limiting case of reflection at fixed and free ends,” American Journal of Physics., vol. 75, no. 9, pp. 508—516. 2011.
Susilo, “Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi Berbantuan Multimedia Terhadap Perubahan Jenis Representasi Siswa,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA., vol. 2, no. 1, pp. 11-18, 2017
S. Ainsworth, “Multiple Representations and Multimedia Learning. International Handbook of The Learning Sciences,” pp 96-105, 2018.
Asmuri et al., “Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP/Mts Kelas VIII Berbasis SETS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Tema Makanan dan Kesehatan Tubuh,” SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains., vol. 5, no. 1, pp. 30-43, 2019.
L. Ika, Pengembangan Bahan Ajar Kompetensi (sesuai dengan kurikulum KTSP). Padang: Akademia Permata, 2013.
E.F. Rankin and J. Culhane, “Compare cloze and multiple-choice comprehension test scores,” Journal of Reading., vol. 13, pp. 193-198, 1969.
Riduwan, Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012.
Copyright (c) 2022 Mohamad Arif Rahmansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |