INOVASI KIT PERCOBAAN CLAUSIUS-CLAPEYRON DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK PENENTUAN TITIK DIDIH MINYAK GORENG PADA BERBAGAI TEKANAN

Deni Aryati, Sri Jumini, Yudi Guntara
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v8i1.238

Abstract


Salah satu penyebab penurunan kualitas minyak goreng adalah pemanasan dengan menggunakan suhu yang tinggi terutama pada sistem terbuka seperti wajan. Namun, informasi ini belum banyak diketahui oleh masyarakat secara luas. Peran fisika di sekolah memegang andil besar untuk menyampaikan informasi tersebut supaya pembelajaran lebih kontekstual. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan kit percobaan clausius-clapeyron sederhana untuk menentukan titik didih minyak goreng pada berbagai tekanan sehingga dapat diimplementasikan pada pembelajaran di sekolah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model 4D yakni define, design, develop dan dissaminate. Hasil pengembangan produk menunjukkan bahwa data yang dihasilkan dari kit percobaan clausius-clapeyron sederhana mendekati teori, yakni semakin tinggi tekanan, maka semakin rendah titik didih minyak goreng dalam ruang vakum. Oleh karena itu, kit percobaan clausius-clapeyron sederhana ini dapat digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah.


Keywords


clausius-clapeyron, kit percobaan, minyak goreng, tekanan, titik didih

References


N. Fanani and E. Ningsih. (2018). Analisis Kualitas Minyak Goreng Habis Pakai yang Digunakan oleh Pedagang Penyetan di Daerah Rungkut Surabaya Ditinjau dari Kadar Air dan Kadar Asam Lemak Bebas (ALB), J. IPTEK, vol. 22, no. 2, pp. 59–66.

Jonarson.(2004), Analisa kadar asam lemak minyak goreng yang digunakan penjual makanan jajanan gorengan di Padang Bulan Medan tahun 2004, USU.

A. S. Fitri and Y. A. N.(2020). Fitriana, Analisis Angka Asam pada Minyak Goreng dan Minyak Zaitun, Sainteks, vol. 16, no. 2.

T. H. Putri(2019). Hubungan citra tubuh, asupan makanan, aktivitas fisik, dan pengetahuan gizi seimbang dengan status gizi kurang pada remaja putri di SMAN 1 Painan Kabupaten Pesisir Selatan, Stikes Perintis Padang.

Rengga,W.D.P.(2020). Karbon aktif: perpanjangan masa pakai minyak goreng. Deepublish.

Suryanto, W& A. Luthfian.(2019). Pengantar Meteorologi. UGM PRESS.

Unocic, K.A et al.(2020). Introducing and Controlling Water Vapor in Closed-Cell In Situ Electron Microscopy Gas Reactions, Microsc. Microanal., vol. 26, no. 2, pp. 229–239.

Rohyami,Y.(2018). Kimia Fisika. Deepublish.

Basri,H.(2018).Kemampuan kognitif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran ilmu sosial bagi siswa sekolah dasar,” J. Penelit. Pendidik., vol. 18, no. 1, pp. 1–9.

Fitriani, Z. et al.(2018), Learning Devices Based on Realistic Approach to Increase the Ability of Mathematical Literation of Junior High School Students, in 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018),, pp. 543–546.

Purba,L. S. L.(2020). Modul Praktikum Kimia Fisika 1. Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Duta Wacana.

Anggraini, A.S & Murdaka, B. (2016). Analisa Ketidakpastian Pengukuran Termometer Alkohol dan Termometer Hg. Tugas Akhir. D3 Metrologi dan Instrumentasi, UGM




Copyright (c) 2022 Deni - Aryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait