Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Metode Brainstorming Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 11 Gowa

Rahmawati Rahmawati, Wahdah Anugrah Yusuf, Khaeruddin Khaeruddin
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v8i1.227

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Brainstorming. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan Pre Experimental Design.  Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 11 Gowa yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian berupa two-tier test. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif tingkatan pemahaman konsep yang dibedakan atas empat kategori yaitu paham, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham. Untuk melihat peningkatan konsep secara keseluruhan, digunakan analisis N-Gain dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa kelas XI MIA SMA Negeri 11 Gowa pada topik Gelombang  Mekanik untuk pre test pada kategori paham konsep, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham secara berurutan yaitu 34% , 27%, 12%, dan  27%. Sementara, persentase tingkat pemahaman konsep pada post test untuk kategori paham, miskonsepsi, menebak, dan tidak paham yaitu 48% , 14% , 24% , dan 12% secara berurutan. Hasil analisis N-Gain skor pemahaman konsep diperoleh sebesar 0,650 dengan kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan adanya reduksi persentase miskonsepsi dengan diterapkan model pembelajaran PBL dengan metode Brainstorming. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBL dengan Brainstorming berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Gelombang Mekanik.


Keywords


model PBL, brainstorming, miskonsepsi, two-tier test, tingkat pemahaman konsep

References


Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran: Dilengkapi dengan 68 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Liani,E., Hamdani, D. & Risdianto, E. (2018). Penerapan Model Problem based learning dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik di SMAN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 20-24.

[Ahmad, S. (2006). Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Kompetensi. Jakarta:Lembaga Penelitian UIN Jakarta.

Sani, R.A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Dwi, A., & Sentot. (2013). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 8-17.

Halim dan Mursal. (2017). Dampak Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 1-10.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran, Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Tuysuz, C. (2009). Development of Two Tier Diagnostic Instrument and Asses Student’s Understanding in Chemistry. Scientific Research and Essay, 4(6), 626-631.

Pranata,Ella. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 34-38.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Treagust, D. (2010). Evaluating Secondary Students Scientific Reasoning in Genetics Using a Two-Tier Diagnostic Instrument. International Journal of Science Education, 8(1), 1074-1088.

Afifah, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Numeracy. 6(2), 229-246.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Halim dan Mursal. (2017). Dampak Problem based learning Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Berpikir Peserta didik pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 32-46.

Dewi, S.A.(2018). Analisis Pemahaman Konsep Melalui Tes Diagnostik Model Two-Tier Pada Materi Asam-Basa. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia (JKPK), 3(3), 160-170.

Zulfa. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Model Pembelajaran Problem based Learning pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Gamping. Jurnal Matematika Universitas Negeri Semarang, 2(3), 371-375.




Copyright (c) 2022 Rahmawati Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait