EFEK PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN (FUN LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MEMORI

Bertha Wikara, Sutarno Sutarno, Suranto Suranto, Sajidan Sajidan
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v6i2.164

Abstract


Pembelajaran yang menyenangkan diyakini mampu meningkatkan kemampuan kognitif serta prestasi belajar. Salah satu alasannya yaitu pembelajaran semacam itu mempunyai kemungkinan untuk meningkatkan kemampuan memori siswa. Kajian ini bertujuan untuk menemukan kebenaran mengenai hal tersebut secara teoritis. Metode yang digunakan adalah penalaran deduktif atas teori – teori psikologi kognitif dan pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa melalui perantaraan atensi dan emosi efek positif pembelajaran yang menyenangkan terhadap kemampuan memori akan timbul. Atensi dan emosi memengaruhi alur pemrosesan informasi. Atensi berperan dalam menentukan jumlah informasi yang diterima sensory receptor, sedang emosi memengaruhi penyimpanan informasi di long-term memory. Disimpulkan bahwa pembelajaran yang menyenangkan mampu meningkatkan kemampuan memori karena menarik atensi (menambah jumlah informasi yang diterima sensory receptor) serta membangkitkan emosi (menyebabkan materi pembelajaran diprioritaskan oleh amygdala untuk disimpan dan menjalani konsolidasi di long-term memory).



Keywords


pembelajaran yang menyenangkan, atensi, emosi, kemampuan memori

References


D. Lucardie, "The Impact of Fun and Enjoyment on Adult’s Learning," Procedia-Social and Behavioral Sciences, vol. 142, pp. 439-446, 2014.

C. Jacobs and J. Silvanto, "How is Working Memory Content Consciously Experienced? The “Conscious Copy” Model of WM Introspection," Neuroscience and Biobehavioral Reviews, vol. 55, pp. 510–519, 2015.

D. Papathanassiou-Zuhrt, "Cognitive Load Management of Cultural Heritage Information: An Application Multi-Mix for Recreational Learners," Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 188, pp. 57–73, 2015.

A. E. Phelps, "Human Emotion and Memory: Interactions of the Amygdala and Hippocampal Complex," Current Opinion in Neurobiology, vol. 14, no. 2, pp. 198–202, 2004.

K. A. Choudhary et al., "Sleep Restriction May Lead to Disruption in Physiological Attention and Reaction Time," Sleep Science, vol. 9, pp. 207–211, 2016.

T. M. Kane and I. I. Bejar, "Cognitive Frameworks for Assessment, Teaching and Learning: A Validity Perspective," Psicologia Educativa, vol. 20, no. 2, pp. 117–123, 2014.

A. J. Lewis-Peacock et al., "Neural Evidence of the Strategic Choice between Working Memory and Episodic Memory in Prospective Remembering," Neuropsychologia, vol. 93, pp. 280–288, 2016.

G. Salvato et al., "Preserved Memory-Based Orienting of Attention with Impaired Explicit Memory in Healthy Ageing," Cortex, vol. 74, pp. 67–78, 2016.




Copyright (c) 2020 Bertha Wikara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait