THE DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED “SMART LITERACY SCIENCE” APPLICATION FOR 7th GRADE STUDENTS


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi pembelajaran “Smart Literacy Science” berbasis Android dan mengetahui kelayakan aplikasi dari segi materi, media, dan keterbacaan. Pengembangan aplikasi ini dilandasi dari tren pembelajaran menggunakan perangkat pintar (m-learning) yang berdampak positif terhadap keterampilan literasi digital di abad 21. Penggunaan mobile learning (m-learning) untuk praktik yang dapat meningkatkan keterampilan sains siswa dan ketelitian. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Aplikasi dengan ekstensi APK / android merupakan sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi dari dua model pengembangan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation and Evaluation) dan 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate) yang menghasilkan model pengembangan ADDIED (Analyze, Design, Develop, Implementasi, Evaluasi & Diseminasi). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran “Smart Literacy Science” sudah menggunakan basis operasi Android. Aplikasi ini berisi materi pelajaran (video, desain praktis, dan laboratorium virtual) dan sistem evaluasi diri. Aplikasi ini sudah diuji kelayakan dari segi materi, media, dan keterbacaan, di mana hasil analisis data menggunakan rumus Aiken-V di atas 0,7. Dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Literasi Cerdas berbasis Android layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan ilmiah siswa.

Keywords


Smart Literacy Science; Aplikasi Android; Ilmu alam; Kemampuan Sains

Full Text:

PDF (ENGLISH)

References


R. Bybee, P. J. Fensham, and R. Laurie, “Scientific literacy and contexts in PISA 2006 science,” J. Res. Sci. Teach., vol. 46, no. 8, pp. 862–864, 2009, doi: 10.1002/tea.20332.

A. Glaze, “Teaching and Learning Science in the 21st Century: Challenging Critical Assumptions in Post-Secondary Science,” Educ. Sci., vol. 8, no. 1, p. 12, 2018, doi: 10.3390/educsci8010012.

A. Okada, “Scientific Literacy in the Digital Age : Tools , Environments and Resources for Co-Inquiry,” Eur. Sci. J., vol. 4, no. December, pp. 263–274, 2013.

A. Glaze, “Teaching and Learning Science in the 21st Century: Challenging Critical Assumptions in Post-Secondary Science,” Educ. Sci., 2018, doi: 10.3390/educsci8010012.

I. Wilujeng, “Scientific Literacy : The Use of Android on Science Instructions Viewed on Project Based Learning,” pp. 43–48.

A. Hutchison, B. Beschorner, and D. Schmidt-Crawford, “Exploring the use of the iPAD for literacy learning,” Read. Teach., vol. 66, no. 1, pp. 15–23, 2012, doi: 10.1002/TRTR.01090.

Y. Kurniawan, “PEMBUATAN APLIKASI WORKED EXAMPLE MEKANIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRIGONOMETRI DAN INTERPRETASI DIAGRAM BEBAS FISIKA,” Yogyakarta State University, 2017.

K. T. Martono and O. D. Nurhayati, “Implementation of Android Based Mobile Learning Application As a Flexible Learning,” vol. 11, no. 3, pp. 168–174, 2014.

S. M. T. Saipunidzam Mahamad, Mohammad Noor Ibrahim, “M-L Earning : a N Ew P Aradigm of L Earning,” Int. J., 2010, doi: 10.5121/ijcsit.2010.2407.

T. He and Y. Wang, “Mode of application and platform for mobile education,” Int. J. Adv. Comput. Technol., 2012, doi: 10.4156/ijact.vol4.issue20.45.

A. Vishwakarma, “Benefits and Challenges of Mobile Learning in Education,” in Human-Computer Interaction, 2015.

R. Joshi, V. V Shete, and S. B. Somani, “Android Based Smart Learning and Attendance Management System,” Int. J. Adv. Res. Comput. Commun. Eng., vol. 4, no. 6, pp. 256–260, 2015, doi: 10.17148/IJARCCE.2015.4655.

S. Pal, S. Mukherjee, P. Choudhury, S. Nandi, and N. C. Debnath, “M - Learning in university campus scenario - Design and implementation issues,” in Proceedings of the IEEE International Conference on Industrial Technology, 2013, doi: 10.1109/ICIT.2013.6505958.

B. Woodcock, A. Middleton, and A. Nortcliffe, “Considering the Smartphone Learner: developing innovation to investigate the opportunities for students and their interest,” Student Engagem. Exp. J., vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2012, doi: 10.7190/seej.v1i1.38.

I. M. Tegeh and I. M. Kirna, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model,” J. Ika, vol. 11, no. 1, p. 16, 2013.

L. R. Aiken, “Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires,” Educ. Psychol. Meas., vol. 40, pp. 955–959, 1980, doi: 10.1177/001316448004000419.

Arikunto, “Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan,” in Rineka Cipta, Jakarta, 2019.




Copyright (c) 2020 Yohanes Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait