QUR'AN JOURNALING: METODE TADABBUR TEMATIK SEBAGAI PROSES TERBENTUKNYA SIKAP ILMIAH


Abstract


Tujuan penulisan ini untuk menganalisis ayat Al Qur'an ditinjau dari sudut pandang sains, dalam hal ini dipilih QS. Al-Mu'minun ayat 12-14. Tadabbur ayat menjadi salah satu upaya pemerolehan pengetahuan secara mendalam. Pemerolehan pengetahuan berkaitan dengan kemampuan kognitif, yang kemudian memberikan kontribusi terhadap pembentukan sikap ilmiah. Qur'an Journaling membantu seseorang untuk mentadabburi ayat secara mendalam dan menyeluruh. Pada dasarnya Qur'an Journaling bukan diterapkan untuk tadabbur tematik. Namun, seiring dengan kebutuhan pembelajaran yang meningkat, Qur'an Journaling bisa dikembangkan secara tematik. Qur'an Journaling tematik ini terdiri atas beberapa komponen, yaitu: 1) ayat Al-Quran; 2) terjemah ayat; 3) kosakata baru; 4) tematik sains dan ayat Al-Qur'an; 5) refleksi; dan 6) doa.  Komponen-komponen tersebut mengantarkan seseorang pada pendalaman ayat yang lebih bermakna bahkan memungkinkan pada terjadinya perubahan sikap.  QS. Al-Mu'minun ayat 12-14 merupakan ayat tentang proses kejadian terbentuknya manusia. Sejatinya manusia hanyalah dzat yang awalnya tidak berdaya dan tidak berharga, kemudian Allah menjadikan manusia menjadi bentuk yang paling sempurna. Ayat ini menjelaskan kejadian demi kejadian pembentukan manusia secara detail, seperti yang sudah dikemukakan oleh para ilmuwan. Setelah mendalami ayat tersebut, maka tak sepantasnya manusia merasa sombong atas semua yang dimilikinya. Semakin banyak mengetahui, sikap seseorang hendaknya semakin bijaksana


Keywords


Qur'an Journaling, tadabbur, tematik, sains, Al-Qur'an

References


Dokumen Pemerintah

Depdiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2008

Kemdikbud. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas IV. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan, Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan. 2013

Buku

Kuswana, W. S. Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Rosdakarya. 2012

Campbell, Reece, et. al. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3. Jakarta: Erlangga. 2010

Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara. 2008

Naik, Dzakir. Miracles of Al-Quran & As Sunnah. Solo: Penerbit Aqwam. 2015

Jurnal

Hanifah, Desty Putri. Pengaruh Kemampuan Kognitif, Kreativitas, dan Memecahkan Masalah terhadap Sikap Ilmiah Siswa SD. Jurnal Primary Education. Vol 5, no 1. 2016

Mamoto, Natalia, Sonny Kalangi, dan Ronny Karundeng. Peran Melanokortin pada Melanosit. Jurnal Biomedik. Vol 1, no 1. 1-11. 2009

Ercan, O. The Effects of Multimedia Learning Material on Student Academic Achievement and Attitudes Toward Science Courses. Journal of Baltic Science Education. Vol 13, no 5. 608 – 621. 2014

Lam, S. L., et al. Creativity and Science Learning in a Science Enrichment Programme in Hong Kong. The International Journal of Learning. Vol 17, no 2. 429 – 437. 2010

Harahap, Nursapia. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra. Vol 8, no 1. 2014

Komunitas Belajar Daring

Gwan. Alaydrus. Komunitas Qur’an Journaling. 2010

Buku

Katsir, Ibnu. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1 (Juz 18). Electronic book: Penerbit Imam Syafii. 2005




Copyright (c) 2020 Desty Putri Hanifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait