PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERINTEGRASI NILAI TAUHID


Abstract


Mengubah sistem belajar dari konvensional ke model yang lebih bervariasi adalah sesuatu yang senantiasa dilakukan oleh pendidik seperti menerapkan model yang mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berfikir kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan di kelas dengan menggunakan lembar kerja. Nilai tauhid seyogyanya juga harus diintegrasikan ke dalam pembelajaran agar mahasiswa lebih kenal dengan tuhannya dan tetap mengesakan-Nya. Atas dasar ini, perlu adanya upaya dalam mengembang suatu lembar kerja yang terintegrasi dengan nilai tauhid yang efektif untuk dijadikan sebagai salah satu bahan ajar. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan lembar kerja mahasiswa, mendesripsikan tingkat validitas, praktikalitas, dan keefektifannya. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 4-D (Four D Models). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja mahasiswa menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) sangat valid, sangat praktis dan efektif digunakan dalam kegiatan perkuliahan.

Keywords


Creative Problem Solving (CPS), Four D Models, Integrasi, Tauhid

References


NN, "Ada Apa dengan Kreatifitas?," Islamadina, vol. 7, no. 3, p. 1, 2008.

A. Suprijono, Cooperatif Learning Teori and Aplikasi Paikem, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Treffingger, Creative Problem Solving (CPS Versi 6.1TM) . Centre for creative learning, inc and Creative Problem Solving, inc., NY: orchard Park, 2003.

Fian Totiana, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), vol. 1, no. 1, p. 1, 2012.

Depdiknas, Pedoman Pengembangan Perangkat Pembelajaran KTSP, Jakarta: Depdiknas, 2008.

Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, Yokyakarta: DIVA Press, 2012.

A. Lawson, Science Teaching and the Development of Thinking, California: Wadsworth Publising Company, 1995.

Z. A. Bagir, Integrasi Imu Dan Agama, Bandung: Mizan Pustaka, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D., Bandung: Alfabeta, 2010.

M. Adnan, Penelitian pengembangan, Malang: Universitas Negeri Malang, 2009.

N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovasi Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2009.

Suhaidi, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbahasa Inggris Berbasis Problem Based Learning pada Materi Usaha dan Energi Kelas XII IPA SMAN 1 Padang. Tesis tidak diterbitkan," Padang, PPs UNP, 2011.

M. B. Abdullah, Tauhid, Keutamaan Dan Macam-macamnya, terjemahan Eko Haryanto., Jakarta: Islam House, 2007 .




Copyright (c) 2020 Andi Putra Sairi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait