PENINGKATAN HOTS DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE INKUIRI KELAS 7C SMPN 1 WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan saintifik dalam pembelajaran salah satunya model pembelajaran tersebut model pembelajaran Inkuiri. Berdasar observasi pra siklus di kelas VIIC terdapat 18,75% yang memilik kategori tinggi dalam berpikir tingkat tinggi sedangkan untuk prestasi belajar rata-rata 71,56. Penelitian ini dilaksanak untuk meningkatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar dengan menggunakan model Inquiri. Subyek penelitian 32 peserta didik yang terdiri dari 12 putra dan 20 Putri. Penelitian dilaksanakn 2 siklus, Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes tulis materi Kalor dengan 20 soal pilihan ganda. Analisa data menggunakan metode diskriptif kuantitatif dan statistik diskriptif. Tindakan siklus I menggunakan model Inkuiri dengan kelompok besar diperoleh data ketrampilan berpikir tingkat tinggi 31,25% dan prestasi belajar rata-rata 75,63%. Siklus II menggunaka model Inkuiri dengan kelompok kecil diperoleh data kemampuan berpikir tingkat tinggi 46,88% dan prestasi belajar rata-rata 81,25. Dengan demikian penelitian ini dapat meningkatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amir, T.M 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Leaning : bagaimana Pendidik Memberdayakan di Era Pengetahuan. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup
Arikunto, Suharsimi, 2010, Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Yogyakarta, Aditya Media
Joice, B & Well,M.2000. Models of Teaching. Boston : Allyn & Bacon
Julianingsih, S. 2017 Pengembanga Instrumen Asesmen High Order Thinking Skill (HOTS) Untuk mengukur Dimensi Pengetahuan IPA Peserta didik Di SMP. Skripsi FKIP: Universitas Lampung
Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, Kemendikbud,2015
Oemar, Hamalik, 2000, Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara
Siti, Zubaidah,2016.Ketrampilan Abad 21: Ketrampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran
Copyright (c) 2020 tri hastuti andoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |