Peningkatan Kemampuan Menyajikan Hasil Percobaan dan Prestasi Belajar Melalui Discovery Learning dengan Media Bundengan


Abstract


Kemampuan menyajikan hasil percobaan dan prestasi belajar di kelas VIII F SMP Negeri 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo masih perlu ditingkatkan. Hal tersebut terlihat dari hasil studi pendahuluan dengan observasi dan studi dokumen pada materi sebelumnya, diperoleh bahwa baru 8 siswa yang memiliki kemampuan menyajikan hasil percobaan tinggi, 17 siswa kategori sedang, 6 siswa kategori rendah. Studi dokumen menunjukkan bahwa penilaian harian materi sebelumnya nilai tertinggi 87,50 nilai terendah 20,00 nilai rata-rata 65,31 dan siswa yang tuntas baru mencapai 39%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyajikan hasil percobaan dan prestasi belajar melalui penerapan Discovery Learning dengan media Bundengan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII F SMP Negeri 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian 31 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan prosedur umum a) perencanaan (planning), b) tindakan (acting), c) pengamatan (observing), d) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes dan pengamatan yang dilengkapi dengan dokumentasi. Lembar pengumpulan data pengamatan untuk mengetahui kemampuan menyajikan hasil percobaan dan data tes tertulis  untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan pra siklus dan antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menyajikan hasil percobaan siklus I: 48,39% tinggi, 38,71% sedang dan 12,90% rendah. Siklus II: 74,19% tinggi, 25,81% sedang dan 0% rendah. Tes prestasi belajar siklus I: nilai rata-rata 69,81 dengan ketuntasan belajar 51,61% dan nilai tertinggi 92. Siklus II: nilai rata-rata 75,80 dengan ketuntasan belajar 67,74% dan nilai tertinggi 100.

Keywords


Bundengan; Discovery Learning; Menyajikan Hasil Percobaan; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Afandi & Sajidan. 2018. Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Surakarta: UNS Press

Arbi, B., Sumaryanto, T., & Utomo, U. (2017). Bundengan : Between Aesthetics Expressivism, Social of Reality, and Performance Studies. Chatarsis: Journal of Arts Education. 6(2): 131-138

Ayuningtyas, R., Susilowati, E., Utami, B. 2018. Penerapan Model Pembelajaran DL Menggunakan Modul Dilengkapi Penugas-an Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Konsep Mol Kelas X MIPA 3 Semester Genap di SMA Negeri 5 Surakarta Th. Ajaran 2016/2017.Jurnal Pendidikan Kimia Volume 7 Nomor 2: 309-315

Handayani, L., Aji, M. P., Susilo, & Marwoto, P. 2016. Bringing Javanesse Traditional Dance into Basic Physics Class: Exemplifying Projectile Motion through Video Analysis. Journal of Physics: Conference Series:1-5

Huynh, A, C., & Grossmann, I. 2018. A Pathway for Wisdom-Focused Education. Journal of Moral Education: 1-21

Kanhadilok, P., & Watts, M. (2013). Western Science and Local Thai Wisdom: Using Museum Toys to Develop Bi-Gnosis. Canadian Journal of Science,

Mathematics and Technology Education. 13(1): 33-48

Laksana, D. N. L & Wawe, F. 2015. Penggunaan Media Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah pendidikan Citra Bakti Volume 2 Nomor 1: 27-37.

Purwanto, C. E., Nugroho, S.E. 2012. Penerapan model Pembelajaran Guided Discovery pada Materi Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Peserta Didik. UNNES Physics Education Journal Volume 1: 26-32

Puspitadewi, R., Nugroho, A. C. S., Ashadi. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siawa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia Volume 5 Nomor 4: 114-119

Putri, A., Enawaty, E., Lestari, I. 2016. Deskripsi Keterampilan Komunikasi Siswa SMA Negeri 9 Pontianak melalui Metode Praktikum pada Materi KSP. Skripsi. Program Studi pendidikan Kimia FKIP Untan.

Firdaus. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran Sains. SPEKTRA Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(01), 46-54

Ratna Wilis Dahar. 2011. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Suastra, W.I. 2013. Model Pembelajaran Fisika untuk Mengembangkan Kreativitas Berpikir dan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(2): 221-235

Widiadnyana, W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP.E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Volume 4: 1-13.




Copyright (c) 2020 Sundari Sundari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait