Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Dengan Metode Gallery Walk Bagi siswa Kelas X Semester Gasal SMK Negeri 1 Tanjungsari
Abstract
Abstrak
Sukisna, Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Dengan Metode Gallery Walk Bagi siswa Kelas X Semester Gasal SMK Negeri 1 Tanjungsari
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fisika pada siswa kelas X TKPI A SMK Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul melalui penerapan metode Gallery Walk pada materi usaha energi dan daya. Hasil belajar pada kompetensi dasar sebelumnya masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X TKPI A SMK Negeri 1 Tanjungsari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket motivasi belajar siswa dan penilaian hasil belajar Fisika, lembar observasi motivasi siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data hasil angket motivasi dan hasil belajar dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar fisika melalui penerapan metode gallery walk pada siklus I materi usaha prosentase siswa 14,29 % menunjukkan kriteria bermotivasi sangat tinggi, 76,19 % menunjukkan kriteria tinggi dan 9,25 % menunjukkan kriteria cukup tinggi. Hasil ini belum memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebesar 85 % dengan kriteria sangat tinggi. Rata-rata dari pengukuran motivasi siswa masuk dalam kategori tinggi. Pada siklus II materi pembelajaran yang dibahas hubungan antara usaha dan energi prosentase 14,29 % menunjukkan kriteria bermotivasi tinggi dan 85,71 % menunjukkan kriteria sangat tinggi. Hasil ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebesar 85 % dengan kriteria sangat tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan 76,19 % siswa mencapai KKM dan 14,29 % belum mencapai KKM. Hasil belajar ini belum memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan ketuntasan klasikal sebesar 85 %. Hasil belajar pada siklus II menunjukkan 90,78 % siswa mencapai KKM dan 9,52 % belum mencapai KKM. Hasil belajar pada siklus II sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan ketuntasan klasikal sebesar 85 %.
Kata Kunci: Motivasi belajar siswa , Hasil belajar Fisika, Metode Gallery Walk, Penelitian Tindakan kelasKeywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Jurnal
Astuti R, Sunarno W dan Sudarisman S, “Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi Dan EKsperimen Terbimbing Ditinjau Dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa” , Jurnal Inkuiri, Vol 1, No 1, ISSN: 2252-7893, 2012, hal 51-59 (lebih dari 2 penulis)
Dengo F, “Penerapan Metode Gallery Walk Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol 6, No 1, 2018, hal 40-52.
Isti’ana N, Mintohari, “ Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Zat Tunggal Dan Campuran Siswa Kelas V Sekolah Dasar” , JPGSD, Vol 06 No 05, 2018, hal 745 – 756
Sari DR, Mintohari, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Paikem Metode Gallery Walk” , JPGSD. Vol 02 No 01,. 2014, hal 1-5
Hamdu G, Agustina L, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar”, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No. 1, ISSN 1412-565X, 2011, hal 83-86.
Buku
Suryabrata, S. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1993.
Berk, Laura.E. Development Through The Lifespan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2012.
Melvin L. Siberman. Active Learning; 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia, 2014.
Ismail SM, Strategi pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: lsis dan RASAIL Group, 2010.
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta, 2009.
Hamzah B. Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara, 2011.
Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.
Rifa’i, A., & C.T. Anni. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK_LP3 Unnes, 2012.
Dimyati,Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2010.
Karwati, Eui dan Donni Juni Priansa. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta, 2014.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2014.
Copyright (c) 2020 s sukisna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by: