Integrasi Model Pembelajaran POE dan Mind Map untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIIE SMP N 2 Magelang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA dengan model pembelajaran POE (PredictObserve-Explain) berbantuan mind mapping. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIE SMP N 2 Magelang semester gasal tahun 2019/2020 dengan jumlah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dari model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan itu dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, dimana tiap siklus difokuskan pada materi tentang klasifikasi makhluk hidup dengan penerapan model pembelajaran POE. Pengumpulan data dilakukan dengan data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa data tentang aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil tes hasil belajar (pemahaman konsep) setelah melalui proses pembelajaran pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa baik dengan siswa yang mendapat nilai ≥ 70 mengalami kenaikan sebesar 41%. Pada siklus pertama jumlah siswa yang memperoleh nilai pemahaman konsep ≥ 70 berjumlah 28%. Pada siklus kedua siswa yang memperoleh nilai pemahaman konsep ≥ 70 berjumlah 69%. Aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik karena siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran POE.
Kata Kunci: Model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain), mind map, pemahaman konsep
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Subana, M. S. 2011. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Trisnowati, E. 2016. Model Keterpaduan Pembelajaran Sains dalam Kurikulum 2013. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(1), 20–27.
Trisnowati, E. and Firdaus, F. 2017. THE PHYSICAL LABORATORY ACTIVITIES WITH PROBLEM SOLVING APPROACH TO INCREASE CRITICAL THINKING SKILL AND UNDERSTANDING STUDENT CONCEPT. Jurnal Pena Sains, 4(2), 138–145.
Kaya, S. 2014. Understanding of Basic Science Concepts: Does Taking More Science Courses Matter?. Procedia - Soc. Behav. Sci., 116, 152–157
Johnson, E. D., Johnson, R., & Holubec. 2012. Colaborative Learning (Terjemahan: Narulita Yusron). Bandung: Nusamedia.
Pande, M. and Bharathi, S.V. 2020. Theoretical foundations of design thinking – A constructivism learning approach to design thinking. Think. Ski. Creat., 36, 100637.
Papan, N and Sompong, N. 2012. A Development of Training Model based on Constructivism Theory for Teachers under the Jurisdiction of the basic Education Commission. Procedia - Soc. Behav. Sci., 64, 665–670.
Serafín, C. and Havelka, M. 2015. Inquiry-Based Instruction in The Context of Constructivism. Procedia - Soc. Behav. Sci., 186, 592–599.
Janjai, S. 2012. Improvement of the ability of the students in an education program to design the lesson plans by using an instruction model based on the theories of constructivism and metacognition. Procedia Eng., 32, 1163–1168.
Trisnowati, E. and Nurhikmahyanti, D. 2018. Peningkatan Keterampilan Guru Sains Smp Dalam Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas Melalui Model Direct Instruction. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(2), 154.
Farikha, L. T. R and Utomo, S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (Poe) Disertai Eksperimen Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 95–102.
Indriana, U. V., Arsyad, N., & Mulbar. 2015. Penerapan pendekatan pembelajaran POE (predict-observe-explain) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassar,” Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1) 51–62.
Santhiy, S., Mulyani, B., & Utami, B. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 139–146.
Muna, I. A. 2017. Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. El-Wasathiya J. Stud. Agama, 5(1), 74–91
Rosdianto, H., Murdani, E. and Hendra. 2017. the Implementation of Poe (Predict Observe Explain) Model To Improve Student’S Concept Understanding on Newton’S Law. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 55.
Restami, M. P., Suma, K. and Pujani, M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe- Explaint) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Sikap Program Studi Pendidikan Sains , Program Pasca Sarjana. e-Journal Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha, 3, 1–11.
Haryanto, W. 2014. Pembelajaran Aktif: Teori dan Assesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arfiyanti, D., Irawan, E. B., & Purwanto, P. 2017. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP HIMPUNAN MELALUI MIND MAPPING KELAS VII SM. J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., 2(6), 799–805.
Trisnowati, E. Pengembangan Evaluasi Peta Konsep Berbasis Komputer untuk Mengukur Struktur Kognitif Siswa pada Pokok Bahasan Gaya. Dr. Diss. Univ. Negeri Semarang
Widayati, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. J. Pendidik. Akunt. Indones., 6(1), 87–93.
Firdaus, F. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Sains. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 2(01), 46–54
Tanzila, R., Mahardika, I., and Handayani, R. 2016. Model Pembelajaran Poe (Prediction, Observation, and Explanation) Disertai Teknik Concept Mapping Pada Pembelajaran Fisika Di Sma Negeri 1 Jenggawah. J. Pembelajaran Fis. Univ. Jember, 5(2), 96–102.
Copyright (c) 2020 Deni Kurniyawan, Eli Trisnowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.