INTEGRASI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PENGEMBANGAN MOBILE APPS FISIKA (MAFIS) PADA MATERI SUHU DAN KALOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Mobile apps Fisika (MAFis) berbasis problem based learning (PBL) yang layak pada materi suhu dan kalor. Penelitian menggunakan research and development (R&D) dengan model 4D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebarluasan). Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran MAFis berupa aplikasi android yang terdiri dari 7 komponen utama yaitu, halaman awal, menu utama, goals, materi, latihan, help dan menu about dan mengintegrasikan sintaks model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAFis berbasis problem based learning layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor dengan sangat baik berdasarkan penilaian ahli rata-rata sebesar 3,51 dan respon siswa rata-rata sebesar 80,3%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
We Are Social, “Digital 2018: Indonesia,” Dateportal, 2019. [Online]. Available: https://datareportal.com/reports/digital-2018-indonesia?rq=indonesia.
Y. Nurhadryani, S. K. Sianturi, and I. Hermadi, “Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile Usability Testing to Enhance Mobile Application User Interface,” Sci. Journals Bogor Agric. Univ., vol. 2, pp. 83–93, 2013.
M. Al-Emran, H. M. Elsherif, and K. Shaalan, “Investigating attitudes towards the use of mobile learning in higher education,” Comput. Hum. Behav., vol. 56, pp. 93–102, 2016.
NP. Adi & Yohannes K. "Meningkatkan Higher Order Thinking Skill dan Sikap Terbuka Melalui Media Pembelajaran Android". J. of Komodo Science Education. Vol 1 (1), pp 79-94, 2018.
U. Cahyana, M. Paristiowati, and S. Fauziyah, “Development of Android-Based Mobile learning media on Atomic Structure and Periodic Table,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 434, no. 1, 2018.
A. Winandra, “Pengembangan Media Pembelajaran Beda Tinggi Menggunakan APP Inventor Pada Mata Kuliah Geomatika I,” J. Pendidik. Tek. Sipil Dan Perenc., vol. 1, pp. 1–8, 2017.
F. Mubarok, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application MENGGUNAKAN APP Inventor pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian TGB SMK Negeri 3 Yogyakarta,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Thiagarajan, S. Semmel, and M. Semmel, Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. India: Indiana University Bloomington, 1974.
A. Muhson, “Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning,” J. Kependidikan, vol. 39, no. 2, 2009.
Copyright (c) 2019 yudi - guntara, Sisi Saptaria Dewi, Yayat - Ruhiat, nugroho prasetya adi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |