Sikap Siswa pada Pelajaran Fisika: Adopsi Sikap Ilmiah, Kesenangan Belajar, dan Ketertarikan Menambah Waktu Belajar

Artha Lumbantoruan, Nurdatul Jannah
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v5i2.109

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap siswa terhadap mata pelajaran Fisika di SMAS Adhyaksa Kota Jambi dengan melakukan peninjauan terhadap tiga indikator sikap siswa terhadap mata pelajaran Fisika. Desain dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 siswa kelas IPA SMAS Adhyaksa Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa random sampling.  Instrument pada penelitian ini menggunakan instrument angket (kuisioner) yang diadopsi dari Rio Darmawangsa yang memiliki nilai Cronbach Alpha sebesar 0.9. Analisis data, pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan program SPSS untuk mencari statistik deskriptif. Indikator yang memiliki persentase tertinggi adalah ketertarikan menambah waktubelajar Fisika sebesar 69.3% dengan kategori cukup baik, selanjutnya indikator kesenangan belajar Fisika sebesar 57.1% dengan kategori cukup baik, sedangkan untuk indikator adopsi sikap ilmiah memiliki persentase sebesar 50.7% dengan kategori baik. Dengan demikian, indikator adopsi sikap ilmiah memiliki kategori terbaik dari ketiga indikator sikap terhadap mata pelajaran Fisika.


Keywords


fisika;identifikasi;sikap ilmiah

References


Astalini, Kurniawan, D. A., et al. 2019. Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Unnes Physics Education Journal. 8(1).

Depdiknas . 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jati, B. M. E. 2013. Pengantar Fisika 1. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dimyanti, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Darmawangsa, R., Astalini, et al. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Atas terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 107-113.

Gunada, I. W., Sahidu, H., et al. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1). 38-46. DOI: 10.29303/jpft.v1i1.233

Khitab, U., Zaman, A., et al. 2015. Impact of Low Cost Teaching Material on Students ’ Attitude towards Science at Secondary Level in Khyber Pakhtunkhwa Pakistan. I(II), 1–14.

Astalini, Kurniawan. D. A., et al. 2018. Sikap siswa terhadap pelajaran fisika di sman kabupaten Batanghari. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika . Volume 3 Number. Page 59-64.

Astalini, Kurniawan, D. A., et al. 2019. Identification Attitudes of Learners on Physics Subjects. Journal of Educational Science and Technology. 5(1), 39–48. https://doi.org/10.26858/est.v5i1.8231

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.

Cohen, L., Manion, L., et al. 2007. Research Methods in Education (6th ed.). New York: Routledge Falmer.

Creswell, J. W. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitaif. Jakarta: Pustaka Belajar.

Gratton, C., Jones. I. 2004. RESEARCH METHODS FOR SPORT STUDIES. London : Routledge.

Adel, A. R., Rafie M. A., M. 2017. Investigating the Perception of Students Regarding M-Learning Concept in Egyptian Schools. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 11(6), 112. https://doi.org/10.3991/ijim.v11i6.7361

Ridha, N. 2017. PROSES PENELITIAN, MASALAH, VARIABEL DAN PARADIGMA PENELITIAN. Jurnal Hikmah. 14(1), 62–70.

Darius, Singpurwalla. 2017. A Handbook of statistic An overview of statistical methods. London:Bookboon The ebook company

Nasution, L. M. 2017. STATISTIK DESKRIPTIF. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55.

Zulfah. 2017. ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 12–16. ISSN 2579-9258

Guido, M. D. 2013. Attitude and Motivation towards Learning Physics. 2(11), 2087–2094.

Riwahyudin, A. 2015. Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(1). 11-23. http://doi.org/10.21009/JPD

Soeparno, K., Sandra, L. 2011. Social Psychology: The Passion of Psychology. Bulletin Psikologi Universitas Gajah Mada. 19(1). ISSN:0854-7108.

Sultan, A.D., Bancong, H. 2017. Pengaruh pendekatan multiple intelligences melalui model pembelajaran langsung terhadap sikap dan hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 11 makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 5(1), 51-60.

Jumini, S. et al. (2017). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI FISIKA MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST PADA POKOK BAHASAN KINEMATIKA GERAK . Jurnal Kajian Pendidikan Sains. 3(2). http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v3i2

Veloo, A., Nor, R., et al. 2015. Attitude towards Physics and Additional Mathematics Achievement. International Education Studies, 35-37.

Sutarto. 2018. Pengembangan Sikap Keberagamaan Peserta Didik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam vol. 2, no. 1,

Jumini, S. (2016). PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INQUIRY DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN KREATIVITAS MAHASISWA. Jurnal Kajian Pendidikan Sains. 2(1). http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v2i01

Damanik, D.P., Bukit, N. 2013. Analisis kemampuan berfikir kritis dan sikap ilmiah pada pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI). Jurnal Online Pendidikan Fisika, 2(1), 16-25.

Hidayati, N. A., Hendriati, N., et al. 2017. Pengembangan Inovasi Pembelajaran Berbasis Proyek Ilmiah dalam Meningkatkan Sikap terhadap Ilmu Pengetahuan Siswa SMP Kota Malang. 5, 85–91.

Anisa, D. N., Masykuri, M. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Poe ( Predict , Observe , And Explanation ) Dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam , Basa Dan Garam Kelas Vii Semester 1 Smp N 1 Jaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK).2(2), 16–23.

Kulsum, U., Nugroho. 2014. Penerapan model pembelajaran cooperative problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi ilmiah siswa pada mata pelajaran fisika. Unnes Physics Education Journal. UPEJ. 3 (2). Hal 73-78.

Hartati, L. 2013. Pengaruh Gaya Belajar Dan Sikap Siswa Pada. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235.

Hardiyanti, K., Astalini, A., et al. 2018. Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma Negeri 5 Muaro Jambi. EduFisika, 3(02), 1–12. https://doi.org/10.22437/edufisika.v3i02.4522

Barus, L E., Sani, A, R. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Latihan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Usaha Dan Energi Di Kelas X Semester Ii. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(4), 16–22.

Kurniawan, D. A et al. 2018. EVALUASI SIKAP SISWA SMP TERHADAP IPA DI KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. 19(1).124-139.

Samudra, et al. 2014. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa SMA di Kota Singaraja dalam mempelajari Fisika. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha. 4

Manasia, L. 2015. Enjoyment of learning in upper secondary education . An exploratory research. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180 (November 2014), 639–646. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.172

Maharaj-sharma, R., Sharma, A. 2017. European Journal of Education Studies USING ICT IN SECONDARY SCHOOL SCIENCE TEACHING – WHAT STUDENTS AND TEACHERS IN TRINIDAD AND TOBAGO SAY ? 197–211. https://doi.org/10.5281/zenodo.251163

Wahyuni, et al. 2018. PENGGUNAAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTDENGAN TEKNIK FAMILI 100 TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(1)

Roziqin, et al. 2018. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN BALUNG. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(1). 108-115.

Kurniawan, et al. 2018. Attitudes of College Students on the Subject of Mathematical Physics III in Physics Education Program of Jambi University. The Educational Review. 2(11), 505-513.

Sagita, N., Sani, R. A. 2019. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAININGTERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOKMOMENTUMDAN IMPULS SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI). 7(2). 47-52

Setiawati, N., et al. 2012. Pengembangan mobile learning (M-Learning) berbasis Moodle sebagai daya dukung pembelajaran Fisika SMA. PROSIDING:Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. 3(3).

Nursina,. 2017. Penggunaan smartphone dalam mengembangkan pola belajar siswa SMA Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Journal Ilmu Komunikasi UHO. 2(1).

Lebdiana, R., et al. 2015. Pengembangan prangkat pembelajaranmateri suhu dan kalor berbasis POE (Predict-Observe-Explain) untuk meremediasi miskonsepsi siswa. Unnes physics Education Journal. 4(2)

Abbas, Hidayat, M. Y. 2018. FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(1).

Yunus, T. B., Rachmawati, M. A. 2018. KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PADA SISWA DI YOGYAKARTA. PSYCHOPOLYTAN (Jurnal Psikologi). 1(2)




Copyright (c) 2019 Artha Lumbantoruan, Nurdatul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait