Pengembangan Instrumen Tes Kinematika dan Dinamika dalam Konteks Wawasan Kemaritiman

Purwoko Haryadi Santoso, Mutmainna - -
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v5i2.101

Abstract


Wawasan kemaritiman merupakan pengetahuan yang harus diintegrasikan dalam pembelajaran fisika di daerah pesisir. Konteks laut yang sering ditemukan peserta didik dalam kehidupannya akan memudahkan mereka dalam memahami konsep fisika. Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemendikbud dan Kemenko bidang Kemaritiman telah berusaha mengembangkan pembelajaran berwawasan maritim pada 48 sekolah di Indonesia (yang tersebar dalam 12 provinsi). Untuk mendukung usaha pemerintah dalam menyempurnakan proyek pengembangan pendidikan berwawasan maritim tersebut, diperlukan suatu proses pengembangan instrumen tes untuk mengevaluasi pembelajaran berwawasan maritim. Artikel ini berisi rencana peneliti dalam mengembangkan instrumen tes fisika dalam konteks wawasan kemaritiman. Penelitian ini telah mengembangkan 80 butir soal pilihan majemuk yang terdistribusi dalam 40 butir soal kinematika dan 40 butir soal dinamika yang valid dan reliabel. Instrumen tes telah diujicobakan secara empirik pada 417 peserta didik yang tersebar di 5 SMA Negeri di Kabupaten Majene. Hasil uji coba menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan telah valid dan reliabel secara psikometrik.


Keywords


instrumen tes, kinematika, dinamika, Rasch, wawasan kemaritiman

References


Guest H, Lotze H, and Wallace D. 2015. Youth and the sea: Ocean literacy in Nova Scotia, Canada. Marine Policy, 58, hal. 98-107.

Pratama, W., & Pardjono, P. (2016). Model Pembelajaran Karakter Pelaut. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), hal. 318-334.

LIPI. (2016). Kurikulum Kemaritiman Masuk dalam Pelajaran. Retrieved from (http://lipi.go.id/lipimedia/lipi-:-kuriku lum-kemaritiman-masuk-dalam-pelajaran/ 16687.2019

Rustam, I. (2016). Tantangan ALKI dalam Mewujudkan Cita‐cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Indonesian Perspective, 1(1), hal. 1-21

COSEE (Centers for Ocean Sciences Education Excellence). Ocean literacy: the essential principles and fundamental concepts for learners of all ages. Pamphlet resulting from the 2-week on-line workshop on ocean literacy through science standards; published by the National Geographic Society, National Oceanic and Atmospheric Administration, National Marine Educators Association, College of Exploration. 〈http://ocean literacy.wp2.coexploration.org〉; 2013[di-akses 06.06.19]

National Marine Education Association. 2015. Alignment of Ocean Literacy Framework to the NGSS for Grades 9 – 12.

Kemenko Maritim. 2018. Kemenko Maritim Mengawal Implementasi Kurikulum Kemaritiman. (http://maritim.go.id/kemenko-maritim-mengawal-implementasi-kurikulum-kemaritiman/; [diakses 03.05.19]

Strang C, deCharon A, and Schoedinger S. 2007. Can You be Science Literate without being Ocean Literate? . The Journal od Marine Education, 23(1), hal. 7–9

Cava F, Schoedinger S, Strang C, and Tuddenham P. 2005. Science Content and Standards for Ocean Literacy: A Report on Ocean Literacy. National Geographic Society, National Oceanic and Atmospheric Administration, National Marine Educators Association, College of Exploration

Rasch, G. 1960. Probabilistic Models for Some Intelligence and Attainment Tests. Chicago: The University of Chicago Press.

Hambleton, R. K., H. Swaminathan, and H. J. Rogers. 1991. Fundamentals of Item Response Theory. Newbury Park, CA: Sage.

Brown, T. A. 2015. Confirmatory Factor Analysis for Applied Research. New York: The Guilford Press.

Hu, L., dan P. M. Bentler. 1999. “Cutoff Criteria for Fit Indexes in Covariance Structure Analysis: Conventional Criteria versus New Alternatives.” Structural Equation Modeling 6: hal 1–55.

Zumbo, B. D., A. M. Gadermann, and C. Zeisser. 2007. “Ordinal Versions of Coefficients Alpha and Theta for Likert Rating Scales.” Journal of Modern Applied Statistical Methods 6: hal 21–29

Linacre, J. M. 2002. “What Do Infit and Outfit, Mean-Square and Standardized Mean.” Rasch Measurement Transactions 16: hal. 878




Copyright (c) 2019 Purwoko Haryadi Santoso, Mutmainna - -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait