PENGGUNAAN VIDEO REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGOMUNIKASIKAN HASIL PENGAMATAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIIG SMPN 1 WONOSOBO PADA SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengomunikasikan hasil pengamatan dan hasil belajar bagi peserta didik kelas VIIG SMPN 1 Wonosobo pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan video reflektif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIIG SMPN 1 Wonosobo pada tahun pelajaran 2017/2018. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar peserta didik. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengomunikasikan peserta didik meningkat dari 65 menjadi 78 pada akhir siklus I dan 94 pada akhir siklus I dan II. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan video reflektif dapat meningkatkan nilai rata-rata hasil ulangan harian dari 80 menjadi 93 pada akhir siklus II. Pada aspek sikap peserta didik terdapat perubahan pada peduli lingkungan, kerja sama, dan mandiri dari 34, 63, dan 29 menjadi 94, 99, dan 89 pada akhir siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Wahid. 2016. Senyum Indah Kanjeng Nabi. Yogyakarta: Diva Press.
Andi Susanto. Rosnita. Kaswari. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Inquiri dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 11(4).
Evgeniy P. Aleksandrov. 2014. Use of Audiovisual Texts in University Education Process. Universal Journal of Educational Research, 2(3), 252 – 255.
Gift Emad. 2017. Self-fulfillment Development among the Arab Sector in Israel. Journal of Education and Training Studies, 5(5), 81 – 92.
Heri Priyanto. 2017. Penggunaan Majalah Dinding Interaktif untuk Meningkatkan Kinerja dan Hasil Belajar Sistem Organ Manusia bagi Peserta Didik Kelas IXC SMP Negeri 4 Kalikajar pada Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Karya Guru, 2(2): 224 – 238.
------. 2015. Penggunaan Benang Cahaya untuk Meningkatkan Keterampilan Melukis Bayangan Bagi Peserta Didik Kelas VIIIB SMP N 4 Kalikajar pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Metodika, 5(17), 31- 41.
Jaka Warsihna. 2016. Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 67 – 80.
Rhenald Kasali. 2017. Disruption. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lynn Basko. Jillian Hartman. 2017. Increasing Student Engagement Through Paired Technologies. Journal of Instructional Research, 6, 24 – 28.
Michail N. Giannakos. Konstantinos Chorianopoulos. Nikos Chrisochoides. 2015. Making Sense of Video Analytics: Lesson Learned from Clickstream Interactions, Attitudes, and Learning Outcome in a Video-Assisted Course. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 16(1), 260 – 283.
Mihai Onita. Sorin Petan. Radu Vasiu. 2016. Review of Interactive Video –Romanian Project Proposal. International Education Studies, 9(3), 24 – 40.
NSTA. 2013. Buku Pedoman Guru Biologi Edisi Ke-4. Jakarta: PT Indeks.
Said Hawwa. 2017. Intisari Kitab Ihya Ulumuddin Karya Imam Al-Ghazali. Yogyakarta: Mutiara Media
Slamet Heri Wardoyo. 2016. Optimalisasi Kemampuan Melakukan Pengamatan dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Scientific Siswa Kelas IXE SMPN 1 Mojotengah Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 93-107.
Tim JSIT. 2014. Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: Tim Mutu JSIT.
Copyright (c) 2019 Heri priyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |