PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX B SMP N 3 SELOMERTO TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran REACT .

Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2018, semester gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Yang menjadi subyek penelitian adalah Peserta Didik kelas IXB SMP Negeri 3 Selomerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Teknik pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan  kuantitatif. Untuk mengungkap data sikap ilmiah digunakan lembar observasi, sedangkan hasil belajar diukur menggunakan soal pada tiap-tiap akhir siklus. Data kuantitatif untuk mengukur peningkatan hasil belajar, dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Data kualitatif untuk mengukur sikap ilmiah dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian pengolahan dan analisis data ,  terjadi peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik . Dari pra siklus sampai  siklus 2  terjadi peningkatan sikap ilmiah cukup signifikan yakni rata-rata 60,72 menjadi 75,00, sedangkan rata-rata hasil belajar meningkat dari 68,18 menjadi 79,5.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model REACT dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA.


Keywords


REACT, sikap ilmiah, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmet Zeki SAKA. Investigation of Student-Centered Teaching Applications of Physics Student Teachers. Eurasian J. Phys. Chem. Educ., Jan (Special Issue):51-58, 2011

Arifin, A. T. ,Kartono, dan Sutarto, H. Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis.Jurnal Kreano.Volume 5 Nomor 1 2015

Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta

Astuti, R., Sunarno, W., Sudarisman,S.2012. Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri Vol. 1 No. 1 tahun 2012 halaman 51-59.

Crawford, M.2001. Teaching Contextually: Reseach, Rational, and Techniques for improving Student Motivation and achievment in Mathematics Science. Tersedia:http://www.cord.org

Daryanto.2013.Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media

Eggen,Paul dan Kauchak, Don.2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks (Terjemahan). Penerjemah : Satrio Wahono

Fakhruddin, Elva Eprina, dan Syahril.2010. Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan Media Komputer Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri I Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains 4 (1) Tahun 2010 halaman 18-22.

Huda,Miftahul.2014.Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar

I. B. Kt. Dharma Putra, I Gst. Ngurah Japa, Nym. Kusmariyatni. Pengaruh Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun 2014

K. Selamet, I. W. Sadia, K. Suma. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Ketrampilan proses Sains Siswa Kelas VIII SMP. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 3 Tahun 2013

Lefrida, Rita.2013. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Logika Fuzzy. Jurnal Kreatif, Vol. 16 No. 3 Tahun 2013 hal 35-40

Marthen,T. Pembelajaran Melalui Pendekatan REACT Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11, No. 2, Oktober 2010

Mitasasrini, Ni Md., Kusmariyatni, Ni Nym., dan Riastini, Pt.N.2015.Penerapan Model Pembelajaran Think talk Write Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha volume 3 No: 1 Tahun 2015.

Narni Lestari Dewi, N. Dantes, I Wayan Sadia Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA http://119.252.161.254/e journal /index.php /jurnal_pendas /article /view /512

Neslihan ÜLTAY,, Muammer ÇALIK. Distinguishing 5E Model from REACT Strategy: An Example of ‘Acids and Bases’ Topic. Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science and Mathematics Education Vol. 5, Issue 2, December 2011

Nursafiah, Nurmaliah,C,. dan Rahmatan, H.2015. Penerapan Model Pembelajaran inkuiri Terbimbing Pada Materi Fotosintesis Untuk meningkatkan Sikap Ilmiah Peserta Didik di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika Volume. 3 Nomor. 1 tahun 2015 halaman 1-50.

Putra, I.B.Kt.D., Japa, I Gst.N., Kusmariyatni, Nym.2014. Pengaruh strategi REACT Terhadap hasil Belajar matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan PGSD Vol 2 No: 1 Tahun 2014

Ratnawulan, Elis dan Rusdiana,H.A.2015.Evaluasi Pembelajaran. Bandung:Pustaka Setia

Rifa’i, A.,Anni, C.T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Sikap ilmiah Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slameto. 2013. Belajar & faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyanto.2009.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta

Suryabrata, Sumadi.2002.Psikologi Pendidikan.Jakarta: RajaGrafindo Persada

Suwandi,Sarwiji.2009.Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta

Yulaelawati,E.2007. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka




Copyright (c) 2019 yudi setya wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait