PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REACT UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX B SMP N 3 SELOMERTO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran REACT .
Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2018, semester gasal Tahun Pelajaran 2018/2019. Yang menjadi subyek penelitian adalah Peserta Didik kelas IXB SMP Negeri 3 Selomerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Teknik pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengungkap data sikap ilmiah digunakan lembar observasi, sedangkan hasil belajar diukur menggunakan soal pada tiap-tiap akhir siklus. Data kuantitatif untuk mengukur peningkatan hasil belajar, dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Data kualitatif untuk mengukur sikap ilmiah dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian pengolahan dan analisis data , terjadi peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik . Dari pra siklus sampai siklus 2 terjadi peningkatan sikap ilmiah cukup signifikan yakni rata-rata 60,72 menjadi 75,00, sedangkan rata-rata hasil belajar meningkat dari 68,18 menjadi 79,5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model REACT dapat meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmet Zeki SAKA. Investigation of Student-Centered Teaching Applications of Physics Student Teachers. Eurasian J. Phys. Chem. Educ., Jan (Special Issue):51-58, 2011
Arifin, A. T. ,Kartono, dan Sutarto, H. Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis.Jurnal Kreano.Volume 5 Nomor 1 2015
Arikunto, Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta
Astuti, R., Sunarno, W., Sudarisman,S.2012. Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri Vol. 1 No. 1 tahun 2012 halaman 51-59.
Crawford, M.2001. Teaching Contextually: Reseach, Rational, and Techniques for improving Student Motivation and achievment in Mathematics Science. Tersedia:http://www.cord.org
Daryanto.2013.Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media
Eggen,Paul dan Kauchak, Don.2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks (Terjemahan). Penerjemah : Satrio Wahono
Fakhruddin, Elva Eprina, dan Syahril.2010. Sikap Ilmiah Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Penggunaan Media Komputer Melalui Model Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri I Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains 4 (1) Tahun 2010 halaman 18-22.
Huda,Miftahul.2014.Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
I. B. Kt. Dharma Putra, I Gst. Ngurah Japa, Nym. Kusmariyatni. Pengaruh Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1 Tahun 2014
K. Selamet, I. W. Sadia, K. Suma. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Ketrampilan proses Sains Siswa Kelas VIII SMP. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 3 Tahun 2013
Lefrida, Rita.2013. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Logika Fuzzy. Jurnal Kreatif, Vol. 16 No. 3 Tahun 2013 hal 35-40
Marthen,T. Pembelajaran Melalui Pendekatan REACT Meningkatkan Kemampuan Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 11, No. 2, Oktober 2010
Mitasasrini, Ni Md., Kusmariyatni, Ni Nym., dan Riastini, Pt.N.2015.Penerapan Model Pembelajaran Think talk Write Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha volume 3 No: 1 Tahun 2015.
Narni Lestari Dewi, N. Dantes, I Wayan Sadia Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA http://119.252.161.254/e journal /index.php /jurnal_pendas /article /view /512
Neslihan ÜLTAY,, Muammer ÇALIK. Distinguishing 5E Model from REACT Strategy: An Example of ‘Acids and Bases’ Topic. Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science and Mathematics Education Vol. 5, Issue 2, December 2011
Nursafiah, Nurmaliah,C,. dan Rahmatan, H.2015. Penerapan Model Pembelajaran inkuiri Terbimbing Pada Materi Fotosintesis Untuk meningkatkan Sikap Ilmiah Peserta Didik di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal EduBio Tropika Volume. 3 Nomor. 1 tahun 2015 halaman 1-50.
Putra, I.B.Kt.D., Japa, I Gst.N., Kusmariyatni, Nym.2014. Pengaruh strategi REACT Terhadap hasil Belajar matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan PGSD Vol 2 No: 1 Tahun 2014
Ratnawulan, Elis dan Rusdiana,H.A.2015.Evaluasi Pembelajaran. Bandung:Pustaka Setia
Rifa’i, A.,Anni, C.T. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Sikap ilmiah Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press
Slameto. 2013. Belajar & faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyanto.2009.Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta
Suryabrata, Sumadi.2002.Psikologi Pendidikan.Jakarta: RajaGrafindo Persada
Suwandi,Sarwiji.2009.Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta
Yulaelawati,E.2007. Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pakar Raya Pustaka
Copyright (c) 2019 yudi setya wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |