Pengembangan Computer Supported Creative Thinking Test (CSCeT-Test) Tahap Validasi
Abstract
Mengembangkan media evaluasi pembelajaran terhadap pembelajaran kreatif masih sangat jarang ditemukan, lebih banyak memanfaatkan media berbasis teknologi. Adobe Flash Player . Menggunakan Adobe Flash Player . Meida yang dikembangkan menyatu dalam CSCeT-Test ( Tes Berpikir Kreatif yang Didukung Komputer ). CSCeT-Test dibuat dengan basis Adobe Flash Player , sehingga mampu menyediakan yang nyata dengan dukungan video, animasi, grafik, dan suara. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari karakteristik pengembangan mediaCSCeT-Test bersama fitur-fitur yang dimiliki. Desain penelitian menggunakan Research and Developmen (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu mendefinisikan , mendesain , mengembangkan , dan menelaah . Hasil dari penelitian adalah ciri-ciri CSCeT-Test yang mampu mempermudah dalam pembelajaran yang ada di dalam bidang pemikiran yang kreatif. Kesimpulan instrumen CSCeT-Test memiliki karakteristik dari segi bentuk tes (ke spesialisasian), kepraktisan, objektivitas, ekonomis, fitur, dan informasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, S. (2015). Kompetensi Dosen UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran: Telaah atas Konstruksi Soal UAS Perpektif Higer Education. Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, 190-212.
Angraini, E. (2013, September 8). Ranah Pengetahuan Menurut Conglosi. Diambil kembali dari Kriteria Instrumen Tes yang Baik: www.renee.web.id
Balitbang. (2014). Diambil kembali dari www.Balitbang_Laporan_Ujian_Nasional_2014.go.id
Bennett. (1999). Using Multimedia in Large Scale Computer-Based Testing Programs. Computer in Human Behaviour. 283-294.
Borg, W., & Gall, M. (2003). Educational Research an Instructional. New York: Longman Inc.
Munadi, S. (2011). Analisis Validasi Kualitas Soal Tes Hasil Belajar pada Pelaksanaan Program Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, 145-159.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta.
Suryana, M. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Pres.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Zainul, A., & Nasoetion, N. (1997). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Copyright (c) Khamid Khamid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |