Pengembangan Computer Supported Creative Thinking Test (CSCeT-Test) Tahap Validasi


Abstract


Mengembangkan media evaluasi pembelajaran terhadap pembelajaran kreatif masih sangat jarang ditemukan, lebih banyak memanfaatkan media berbasis teknologi. Adobe Flash Player . Menggunakan Adobe Flash Player . Meida yang dikembangkan menyatu dalam CSCeT-Test ( Tes Berpikir Kreatif yang Didukung Komputer ). CSCeT-Test dibuat dengan basis Adobe Flash Player , sehingga mampu menyediakan yang nyata dengan dukungan video, animasi, grafik, dan suara. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari karakteristik pengembangan mediaCSCeT-Test bersama fitur-fitur yang dimiliki. Desain penelitian menggunakan Research and Developmen (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari empat tahap utama yaitu mendefinisikan , mendesain , mengembangkan , dan menelaah . Hasil dari penelitian adalah ciri-ciri CSCeT-Test  yang mampu mempermudah dalam pembelajaran yang ada di dalam bidang pemikiran yang kreatif. Kesimpulan instrumen CSCeT-Test memiliki karakteristik dari segi bentuk tes (ke spesialisasian), kepraktisan, objektivitas, ekonomis, fitur, dan informasi.


Keywords


computer supported, creative thinking, test, karakteristik

References


Ahmad, S. (2015). Kompetensi Dosen UIN Syarif Hidayatulloh Jakarta dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran: Telaah atas Konstruksi Soal UAS Perpektif Higer Education. Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, 190-212.

Angraini, E. (2013, September 8). Ranah Pengetahuan Menurut Conglosi. Diambil kembali dari Kriteria Instrumen Tes yang Baik: www.renee.web.id

Balitbang. (2014). Diambil kembali dari www.Balitbang_Laporan_Ujian_Nasional_2014.go.id

Bennett. (1999). Using Multimedia in Large Scale Computer-Based Testing Programs. Computer in Human Behaviour. 283-294.

Borg, W., & Gall, M. (2003). Educational Research an Instructional. New York: Longman Inc.

Munadi, S. (2011). Analisis Validasi Kualitas Soal Tes Hasil Belajar pada Pelaksanaan Program Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, 145-159.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta.

Suryana, M. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Pres.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Zainul, A., & Nasoetion, N. (1997). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.




Copyright (c) Khamid Khamid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait