EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media audio-visual dengan media cetak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MAN Yogyakarta II. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability Purposive Sampling. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Two Independent Sample Kolmogrov-smirnov Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media audio-visual dengan media cetak, yaitu peningkatan hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media audio-visual lebih baik daripada media cetak.

Kata kunci: media audio-visual, media cetak, hasil belajar siswa

Keywords


media audio-visual; media cetak; hasil belajar siswa

Full Text:

PDF


Copyright (c) 2017 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains



Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait