EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN SAINS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media audio-visual dengan media cetak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan pretest-posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MAN Yogyakarta II. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability Purposive Sampling. Teknik pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan teknik pengujian hipotesis menggunakan uji Two Independent Sample Kolmogrov-smirnov Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media audio-visual dengan media cetak, yaitu peningkatan hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran yang menggunakan media audio-visual lebih baik daripada media cetak.
Kata kunci: media audio-visual, media cetak, hasil belajar siswa
Kata kunci: media audio-visual, media cetak, hasil belajar siswa
Keywords
media audio-visual; media cetak; hasil belajar siswa
Full Text:
PDFCopyright (c) 2017 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |