INKUIRI BERBASIS POTENSI LOKAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Abstract
Pembelajaran dengan memanfaatkan potensi lokal pada pembelajaran fisika merupakan inovasi pembelajaran yang menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan kontekstual. Pengembangan desain pembelajaran dilakukan dengan melkaukan studi pendahuluan berupa: wawancara, obervasi, dan analisis literatur. Hasil dari studi pendahuluan menyatakan bahwa ketermapilan berpikir kritis siswa masih rendah. Berdasarkan studi pendahuluan, langkah-langkah desain pembelajaran inkuiri dengan menggunakan potensi lokal adalah: (1) mempresentasikan masalah berdasarkan potensi lokal masyrakat sekitar; (2) mengumpulkan dan memverifikasi data; (3) mengumpulkan data melalui eksperimen; (4) mengorganisasi data dan merumuskan kesimpulan; (5) menganalisis proses inkuiri.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aktamis, H. & Yenicea, N. 2010. Determination of The Science Process Skills and Critical Thinking Skill Levels. Procedia Social and Behavioral Sciences 2, 3282–3288
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Dasar dan Menenangah.
Endang Susilawati & Agustinasari. 2017. The Analysis of Science Process Skill Toward Student of Physics Education in Academic Year 2015/2016. Proceding of International of Seminar on Science Education, Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2 Oktober 2016, 99-107
Llyod, M. & Bahr, N. 2010. Thinking Critically about Critical Thinking in Higher Education. International Journal for The Scholarship of Teaching and Learning, 4 (2), 1-16
Mundilarto. 2010. Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: P2IS Jurdik Fisika FMIPA UNY
OECD. 2016. Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2015. Diunduh dari https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf pada 8 Juni 2017
Sarah, S dan Maryono.2014.Keefektifan PembelajaranBerbasis PotensiLokal dalam PembelajaranFisika SMAdalamMeningkatkanLivingValuesSiswa. JurnalPendidikanSainsUniversitasNegeriSemarang,02 (01), 36-42
Tursina Ratu. (2015). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (Physics HOTS) Pendidik di SMAN se-Kota Bima NTB.Tesis. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/28031/pada 8 Juni 2017 03.43 WITA.
Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |