PENERAPAN MEDIA RAKORA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Banjarnegara untuk materi ekosistem dengan menggunakan media diorama ekosistem darat (Rakora) berbasis lingkungan.
Penelitian ini merupakan pengalaman terbaik pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Banjarnegara kelas VII C Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Sumber data dan alat pengumpulan data penelitian ini adalah dari peserta didik berupa observasi komunikasi, dan ulangan harian. Data dari guru yaitu observasi komunikasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Media Rakora komunikasi meningkat dari keadaan awal yaitu hanya 26% menjadi 100% dengan predikat amat baik 74% dan baik 18%. (2) Media Rakora prestasi meningkat dari ketuntasan yaitu hanya 61,76% menjadi 85,30%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Rakora dapat meningkatkan komunikasi, dan prestasi belajar peserta didik kelas VII C Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni & Istianah. 2017. Penggunan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Daur Air Siswa Di Sekolah Dasar. JPGSD, 5.(2).
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No. 24 Tahun 2006 tentang Lampiran Pelaksanaan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdiknas.
Engkoswara & Komariah, A. 2010. Administrasi Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Kiswandari, S. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Daur Air Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Seyegan. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Majid, A & Rochman, C. 2014. Pendekatan Ilmiah. Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miftah. 2012. Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran. Diambil dari web.unair.ac.id. Diunduh 27 2 2017 jam. 19.30.
Sanjaya, W. 2016. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta
Sukardjo. 2012. Buku Pengangan Kuliah. Evaluasi Pembelajaran IPA. UNY. Tidak diterbitkan.
Susilana, R. & Riyana, C. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |