MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF KUNJUNGI CERMATI MAKNAI TEMUKAN (KUCERMATE) SORAK HOREY MEDIA KOMIK
Abstract
Karya Ilmiah ini merupakan Best Practice pada pembelajaran Kimia semester 2 tahun Pelajaran 2016/2017. Pembelajaran K.D. 3.10 yaitu Menerapkan aturan IUPAC untuk penamaan senyawa anorganik dan organik sederhana, sebagianbesar peserta didik kurang mampumemberikan nama senyawa kimia, memaknai serta menghafal dalam waktu yang lama.Bulan Januari, penulis menerapkan model pembelajaran kucermate menggunakan media komik berbasis inkuiri (penemuan) yang dikemas melalui permainan yang mampu menghilangkan keraguan atau kecanggungan siswa dalam memberikan pemberian nama senyawa kimia.
Pembelajaran ini merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didikdan memberikan hasil prestasi belajar yang signifikan serta mampu meningkatkan rasa percaya diri, kemandirian, tanggung jawab, saling menghargai, dll. Berdasarkan hasil penilaian formatif pada KD ini terdapat ketercapaian ketuntasan yang tinggi, peningkatan aktivitas belajar serta kreativitas belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anifah,S. dkk. 2009. Modul Stradegi Pembelajaran UT. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arends, Richard I. 1997. Cooperative Learning. USA: The McGraw-Hill.
Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
De Porter, B. & Hernachi, M. 2002. Quantum Learning (Abdurrahman, A.). Bandung: Kaifa.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hanson David, et al. 2006. Instructors guide to process-oriented guided-inquiry learning.Lisle: Department of ChemistryStony Brook University, Stony Brook, NY 11794-3400
Joyce, B. 2009. Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendiknas. 2003. Undang-Undang Standar Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Mariana, M.A. 2009. Pembelajaran Remedial. Jakarta: Depdiknas.
Paul Suparno. 2013. Metodologi Pembelajaran Fisika. Konstruktivistik dan Menyenangkan, Yogyakarta:Universitas Sanata Darma.
Sudjana, N. & Rivai, A. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suparno, P. 1997. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Widyaningsih, S. Y. 2015. Pogil Tipe Game Simulasi Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Stoikhiometri.
Zawadzki, R.2010. Is process-oriented guided-inquiry learning (POGIL) suitable as a teaching method in Thailands higher education. As. J. Education & Learning, vol1(2), 66-74
Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |