PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HOTS DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GARUNG SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dan Prestasi Belajar IPA di SMP Negeri 1 Garung masih rendah, belum ada seorang siswapun yang memiliki kemampuan High Order Thinking Skills kategori baik dan prestasi belajar mata pelajaran IPA Rerata 52. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan High Order Thinking Skills dan prestasi belajar mata pelajaran IPA melalui penerapan model Discovery Learning. Penelitiam ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 1 Garung Kecamatan Garung tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian 31 siswa terdiri 15 Siswa laki-laki dan 16 Siswa perempuan.Penelitian dilakukan 2 siklus dengan prosedur umum a)perencanaan b) pelaksanaan c) pengamatan dan d). refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test dan pengamatan. Lembar pengumpulan data pengamatan. untuk mengetahui kemampuan High Order Thinking Skills dan test untuk mengetahui prestasi belajar Mata Pelajaran IPA. Teknik analsis data dengan menggunakan metode deskriptif komparatif yaitu membandingkan pra siklus dan antar siklus. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan High Order Thinking Skills siklus I: 10 % tinggi, 58 % sedang dan 32 % rendah. Siklus II: 41,9 % tinggi, 51,6 % sedang dan 6,5 .% rendah. Tes prestasi belajar Siklus I: Nilai rata-rata 62 dengan ketuntasan belajar 38,7 %. Siklus II: Nilai rata-rata 69 dengan ketuntasan belajar 51,6 %.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchari, dkk. 2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Dimyati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Herdian. 2010. Metode Pembelajaran Discovery. https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/metode-pembelajaran-discovery-penemuan. Diunduh 1 Februari 2018.
Muhfahroyin. 2009. Memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran konstruktivik. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, vol 16, no 1, hal. 88-93
Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |