PENGARUH MENGHAFAL AL-QURAN TERHADAP HIGHORDER THINGKING SKILS (HOTS) DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA
Abstract
Kemampuan menghafal AlQuran melatih anak untuk berkonsentrasi tinggi. Semakin banyak ayat yang bisa dihafal oleh anak dan hafalannya ini terpelihara dengan baik, berarti konsentrasi anak akan semakin tinggi. Pada umumnya semakin banyak ayat yang dihafal, semakin cepat untuk menghafal ayat-ayat lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa terjadi proses perbaikan konsentrasi menjadi semakin tinggi, apabila semakin banyak ayat-ayat Al Quran yang dihafal. Konsentrasi yang tinggi akan melatih anak untuk memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi yang baik.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 Populasi penelitian adalah seluruh Mahasiswa semester II FITK UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo TA 2016/2017. Sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen IIA sebagai kelas tahfidz terdiri dari 23 mahasiswa dan kelas IIB sebagai kelas kontrol (non tahfidz) terdiri dari 23 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk HOTS, dokumentasi untuk indeks prestasi mahasiswa, dan angket untuk data motivasi berprestasi mahasiswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dua jalan dengan bantuan software SPSS 14.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh aktivitas menghafal AlQuran terhadap higher order thingking skils (HOTS) dengan ; 2) Ada pengaruh motivasi berprestasi tinggi dan rendah terhadap higher order thingking skils (HOTS) ; 3) Ada interaksi antara aktivitas menghafal dan motivasi berprestasi terhadap higher order thingking skils (HOTS) dengan ;
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L.W., and Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy of Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Anita, Woolfolk.1994. Educational Psychology. Boston: Pearson Educational.
Atabik, Ahmad. 2014. The Living Quran: PoTreT Budaya Tahfiz AL-Quran di nusantara. Jurnal Penelitian, Vol. 8, No. 1, Februari 2014. STAIN Kudus.
Atkinson, R. L., R.C. Atkinson, E. R. Hilgard. 1985. Pengantar Psikologi. Jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Brookhart, S. M. 2010. How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD
Davis & Newstrom. 1989. Human Behavior at Work; Organizational Behavior, International Edition, Singapore; Mc Graw Hill Book Company.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Haditono, S. 1979. Achievement Motivation. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Istiyono, Edy. 2014. Pengembangan Tes Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Fisika (PsyHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. UNY Yokyakarta.
Jannah,Fathul. 2013. Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Konsep Protis melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Pedagogik Jurnal Pendidikan, Oktober 2013, Volume 8 Nomor 2. Universitas Muhamadiyah Palangkaraya.
Lazear, David. 2004. High Order Thinking The Multiple Integences Way. Chicago: Zephyr Press.
Mc Loughlin, C. and Luca, J. 2000. (http://otl.-curtin.edu.au/tlf/tlf2000/mcloghlin.html, diakses tanggal 13 April 2017).
Muhsin, Abdul. 2014. Orang Sibukpun Bisa Menghafal AlQuran. Kartosuro: PQS Publising.
Newman, FM and Wehlage, GG. 1993 (http://mathdepartment.wiki.farmington. k12.-mi.us) diakses tanggal 19 April 2017).
Purwanto, Ngalim. 1993. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ruswandi. 2013. Budaya Menghafal Al-Quran Di Lingkungan Kampus. Yogyakarta.
Santrock, J.W. 2007. Psikologi Pendidikan (edisi kedua). (Penerjemah Tri Wibowo B.S). Jakarta. Kencana.
Siagian, S. P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Solichin, Salam. 2009. Sekitar Walisanga. Kudus: Percetakan Menara Kudus, t.t
Suyitno, A. 2006. Handout Kuliah Teori Pembelajaran Matematika. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES.
Thomas, A. dan Thorne, G. S.a. (http://www.cdl.org/resource-library/articles/hot.php diakses tanggal 19 April 2017).
Winkel, W.S. 1984. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia.
Yuwanto, E. (2010, September 25). Jumlah Penghafal Alquran Indonesia Terbanyak di Dunia. Retrieved Oktober 1, 2012, dari ROL REPUBLIKA ONLINE: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/10/09/24/136336-jumlah-penghafal-alquran-indonesia-terbanyak-di-dunia
Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |