MENINGKATKAN KINERJA DAN HASIL BELAJAR SISTEM ORGAN MANUSIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX-C SMP NEGERI 4 KALIKAJAR PADA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan hasil belajar peserta didikdi kelas IX-C SMP Negeri 4 Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 4 Kalikajar. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes hasil belajar peserta didik. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja peserta didik meningkat dari dari 53 menjadi 85 pada akhir siklus II Selain itu, telah terjadi peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif, sikap, dan keterampilan peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif menunjukkan adanya peningkatan dari 51,74 menjadi 70,43 dan 92,61 pada akhir siklus I dan siklus II. Peningkatan rata-rata hasil ulangan ini sejalan dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik yang mengalami kenaikan dari 9% menjadi 52% dan 96% pada akhir siklus I dan siklus II. Pada aspek sikap kerja sama, penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berkerja sama peserta didik sebesar 61 dari 35 sebelum penelitian menjadi 96 pada akhir penelitian. Peningkatan juga terjadi pada aspek keterampilan yang meningkat dari 52 menjadi 100 pada akhir siklus II.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burenkova, Olga Mikhailovna. Irina Vladimirovna Arkhipova. Sergei Aleksandrovich Semenov. Saniya Zakirzyanovna Samarenkina. 2015. Motivation within Role-Playing as a Means to Intensify College Students Educational Activity. International Education Studies, 8(6), 211-216.
Ching, Yu Hui. 2014. Exploring the Impact of Role-Playing on Peer Feedback in an Online Case-Based Learning Activity. The International Review of Research in Open and Distance Learning, 15(3), 292 311.
Dewi, Narni Lestari. Nyoman Dantes. I Wayan Sadia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 3 Tahun 2013.
Dolan, Thomas J. Bryan H Nichols. Dana L Zeidler. 2009. Using Socioscientific Issues in Primary Classrooms. Journal of Elementary Science Education, 21(3), 1 12.
Durandt, Sri Winarti. Irwan Said. Ratman. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Khususnya Materi Energi dan Perubahannya Melalui Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas V SDN Inpres Matamaling. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(3), 142-153.
Fitzgerald, Angela. Kathy Smith. 2016. Science that Matters: Exploring Science Learning and Teaching in Primary Schools. Australian Journal of Teacher Education, 41(4): 64-78.
Herlinawati, Elly. 2011. Generasi Pembelajar Sejati. Bandung: Acarya Media Utama.
Howes, Elaine V. Barbara C Cruz. 2009. Role Playing in Science Education: An Effective Sstrategy for Developing Multiple Perspectives. Journal of Elementary ScienceEducation, 21(3), 33-46.
Insriyati. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Menggunakan Pendekatan Scientific Berbantuan Media Gambar Pada Kelas IV SDN Ngagel 01 Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Metodika, 4(15),141-150.
Jihad, Asep. Muchlas Rawi, Noer Komarudin. 2010. Pendidikan Karakter Teori dan Implementasi. Jakarta: Kemdiknas.
Karakas, Mehmet. 2011. Science Instructors Views of Science and Nature of Science. The Qualitative Report, 16(4), 1124 1159.
Kemdikbud. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VIII.Jakarta: Kemdikbud
_____. 2016. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Kemdikbud.
Koriyah, Siti. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaan Aqidah Akhlaq Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sepatih Kecamatan Pituruh Semester Dua Tahun 2014/2015. Publika, 15(2), 6016-6020.
Mintarjo. 2015. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta DidikTentang Konduktor dan Isolator Panas Dengan Pendekatan CTL Dan Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri Tegal Ombo 04 Dukuhseti Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Metodika, 5(17), 43 55.
Noerida. Shrie Laksmi Saraswati. 2016. Model-model Pembelajaran IPA dan Implementasinya. Jakarta: P4TK IPA Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Oluwatumbi, Oso Senny. 2015. E-Classroom of the 21st Century: Information Gaps. Journal of Education and Practice, 6(18), 67-71.
Palmer, David. Jeanette Dixon. Jenniver Archer. 2015. Changes in Science Teaching Self-efficacy among Primary Teacher Education Students. Australian Journal of Teacher Education, 40(12): 27-40.
Paolini, Allison. 2015. Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. The Journal of Effective Teaching, 15(1), 20 33.
Parratore, Phill. 2005. Terampil Sains untuk Kelas Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa.
Priyanto, Heri. 2015. Penggunaan Benang Cahaya untuk Meningkatkan Keterampilan Melukis Bayangan Bagi Peserta Didik Kelas VIIIB SMP N 4 Kalikajar pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Metodika, 5(17), 31-41.
Sudjatmiko. Lili Nurlaeli. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Sukarman, Herry. 2003. Dasar-dasar Didaktik dan Penerapannya Dalam Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.
Usman, Basyirudin. Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama
Copyright (c) 2018 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |