PENGEMBANGAN APP MOBILE BERBASIS STEM MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK (HNG) SEBAGAI SUMBER BELAJAR GURU DAN SISWA SMA
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan App Mobile Materi Fisika Berbasis STEM yang valid dan praktis. Pendekatan evaluasi formatif Tessmer digunakan untuk memodifikasi model Rowntree, yang merupakan model pengembangan yang digunakan. Tessmer menggunakan one-on-one, small group, expert review, dan self evaluation sebagai tahapan evaluasi formatif dalam penelitian ini. Pada tahap expert review, informasi dikumpulkan melalui wawancara, uji ahli, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa app mobile berbasis STEM materi Hukum Newton tentang Gerak (HNG) sebagai sumber belajar guru dan siswa yang dikembangkan, berdasarkan hasil tinjauan ahli termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase skor total dari validator sebesar 93,19%; berdasarkan hasil kuesioner dari Peserta Didik pada tahap evaluasi one to one persentase rata-rata 92,55% dan pada tahap evaluasi small group persentase rata-ratanya sebesar 87,03%, sehingga diperoleh persentase grand total rata-ratanya adalah 89,79%. dengan kategori sangat praktis.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adik Kristien. (2019). STEM Learning at NYPi Singapore as an Inspiration for Education in Indonesia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.77
Adnyana, K. S., Widiastuti, N. P. K., & Suastra, I. W. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM PARADIGMA BARU MELALUI PENGUATAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA SD DI KELAS TINGG. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 14–23.
Afifah, A. (2021). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Konsep Tekanan Zat Cair Melalui Pendekatan Stem (Science Technology Engineering Mathematic) Di Kelas Viii Smpn 4 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 75–79. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3351
Cahyana, U., Paristiowati, M., & Fauziyah, S. (2018). Development of Android-Based Mobile learning media on Atomic Structure and Periodic Table. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 434(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/434/1/012095
Dharma, A. (2010). Peran sains dan teknologi dalam percepatan pembangunan. Source
Firdaus, S., & Hamdu, G. (2020). Pengembangan Mobile Learning Video Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 66–75. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p066
Guntara, Y.-, Dewi, S. S., Ruhiat, Y.-, & Adi, N. P. (2019). Integrasi Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pengembangan Mobile Apps Fisika (Mafis) Pada Materi Suhu Dan Kalor. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 173. https://doi.org/10.32699/spektra.v5i2.110
Handayani, E. A. (2017). Penggunaan Internet sebagai Media Penggunaan Internet sebagai Media Literasi pada Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bulukumba: Tantangan Pendidikan Abad 21. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 89–95.
Ngabekti, S., Prasetyo, A. P. B., Hardianti, R. D., & Teampanpong, J. (2019). The development of stem mobile learning package ecosystem. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16905
Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 117. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/328
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9, 34–42.
Purnama, R., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 138457.
Saputra Purnama, C. (2020). Pemikiran Soedjatmoko tentang Pendidikan dan Relevansinya pada Abad Ke-21 di Indonesia. Jurnal Pendidikan IPS, 3(3), 185–197. https://doi.org/10.30998/herodotus.v3i3.8021
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sutrisno, R. R., & Hamdu, G. (2020). Aplikasi Mobile Learning Model Pembelajaran STEM untuk Guru Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 227–238. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p227
Tuan Soh, T. M., Arsada, N. M., & Osman, K. (2010). The relationship of 21st century skills on students’ attitude and perception towards physics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7(2), 546–554. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.073
Ulfa, F. M., Asikin, M., Dwidayati, & Karomah, N. (2019). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dengan Pembelajaran PjBL terintegrasi Pendekatan STEM. Prosiding Seminar …, 4(2), hal.614. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/348/368
Winandra, A. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BEDA TINGGI MENGGUNAKAN APP INVENTOR PADA MATA KULIAH GEOMATIKA I. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, 1, 1–8.
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18. https://doi.org/10.4135/9781506307633.n706
Copyright (c) 2023 Apit Fathurohman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |