EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKA KIT IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PENGUKURAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merinci bagaimana metode ilmiah digunakan dalam Ilmu KIT untuk lebih menjelaskan bagaimana membantu siswa memahami ide-ide kunci. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan posttest only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bagan Sinembah Raya Tahun Pelajaran 2022/2023, dan peneliti mengambil dari dua kelas untuk mengumpulkan sampelnya sebanyak 43 peserta: kelas VII-1 sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah 21 peserta, sedangkan kelas VII-2 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah peserta 22 orang. Instrumen pengumpulan data berupa tes pemahaman pengukuran materi yang terdiri dari 21 soal pilihan ganda yang awalnya divalidasi menggunakan SPSS kemudian dinilai reliabilitasnya dengan KR 21. Analisis deskriptif dilakukan dengan menghitung skor rata-rata pada serangkaian pertanyaan yang dirancang untuk mengukur pengetahuan konseptual siswa; analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis; dan perangkat lunak SPSS 23 digunakan untuk semua analisis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen (KIT IPA) lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dan terdapat perbedaan yang cukup besar antara kelas eksperimen dan kelas eksperimen yang menggunakan KIT IPA, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran lebih berhasil. Lingkungan yang diatur secara metodologis dan teratur di mana praktik pedagogis tradisional digunakan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Djojosoediro, W. (2010). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Bandung: UPI Press.
Setiawan, E., & Halidjah, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif Di Kelas VA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i8.6853
Wahyana, R. (2018). Pengembangan video pembelajaran menggunakan Proshow pada Materi Satuan Ukur dan Berat. UIN Raden Intan Lampung.
Safira, C. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Hamdani, D., Kurniati, E., & Sakti, I. (2012). Pengaruh model pembelajaran generatif dengan menggunakan alat peraga terhadap pemahaman konsep cahaya kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Exacta, 10(1), 79–88.
Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2)
Neizhela, A. (2015). Meningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Metode Think Pair Share Materi Kalor Pada Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal.
Istiqlal, A. (2018). Manfaat media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 3(2), 139-144. https://dx.doi.org/10.34125/kp.v3i2.264
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.
Djoko Iswadji. (2003). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika di SLTP. Yogyakarta: FMIPA UNY
Nasaruddin, N. (2015). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21-30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
Latifa, B. R. A., Verawati, N. N. S. P. & Harjono, A. (2017) Pengaruh model learning cycle 5E (engage, explore, explain, elaboration, & evaluate) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X man 1 mataram, Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), pp. 61–67. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.325
Erwan Agus Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial.Yogyakarta: Gava Media.
Kusumawati, A. D., & Sumardi, Y. (2016). Peranan perangkat pembelajaran fisika berbasis elaboration learning untuk siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(2), 42–53. https://doi.org/10.15294/upej.v5i2.13619
Aminulloh, A. M., & Widodo, W. (2018). Keefektifan Alat Peraga Bunyi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 6(02).
Pramitha, Shantie. (2017). Pengembangan KIT Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Sistem Tata Surya untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya.
Hidayat, A., Enawaty, E., & Hadi, L. (2022). Peningkatan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Media Kit Covalent Creator Berbasis Multirepresentasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(7), 616–622. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i7.56193
Kartikawati, S., Antika, R., & Prastyaningrum, I. (2020). Pengaruh Media Kit Ggl Induksi Elektromagnetik terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ggl Induksi. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 3(2), 208–213. https://doi.org/10.33379/gtech.v3i2.421
Mustakim, R. (2015). PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PENGGUNAAN KIT ANTARA PESERTA DIDIK XI IPA SMA NEGERI 1 BAJENG DAN SMA UHAMMADIYAH LIMBUNG. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 62–67. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4104
Copyright (c) 2023 Amirah Luthfiah Putri, Fakhruddin Z, Muhammad Sahal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |