PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SISTEM PEREDARAN DARAH OTOMATIS MENGGUNAKAN DINAMO DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdul, H. A. (2011). Pengaruh penggunaan alat peraga kartu kotif (Koin Positif Negatif) terhadap hasil belajar Matematika Siswa ( Sebuah studi eksperimen di MI Syamsul Huda Ciganjur Jakarta). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/5649
Agus, S. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika . In Diklat Guru Pengembangan Matematika SMK Jenjang Dasar (1st ed., Vol. 1, pp. 1–36). Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Ahmad, S. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenamedia Group.
Alam, Y. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 282. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.338
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204
Depdikbud. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia / Departemen pendidikan nasional (Vol. 4). Jakarta: Gramedia pustaka utama.
Flores, C. (2018). Problem-based science, a constructionist approach to science literacy in middle school. International Journal of Child-Computer Interaction, 16, 25–30. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2017.11.001
Ghulam, S., Khuram, S. H., Naqvi, H., & Nadeem, I. (2015). Impact of Visual Aids in Enhancing the Learning Process Case Research: District Dera Ghazi Khan. . Journal of Education and Practice, 6(19), 226–234. https://eric.ed.gov/?id=EJ1079541
Inayah, S. H., Nurhayati, & Oslan, J. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. SAINSMAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/sainsmat4112802015
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682
Juwairiah. (2013). Alat Peraga Dan Media Pembelajaran Kimia. Visipena Journal, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i1.85
Muhammad, R. F., Aulija, E. W. R. S., Nur, H., Miftahussururi, Meyda, N. N., Qori, S. A., & Jemmi, M. A. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains (A. M. Luh (ed.); 1st ed., Vol. 1). Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.
Nana, S., & Ahmad, R. (2010). Media Pengajaran (9th ed.). Jakarta: Sinar Baru Algensindo Offset.
Nurul, A., Mukhammad, A. F., & Bayu, W. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal. JMPP: Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(1), 61–66. https://doi.org/https://doi.org/10.24905/jpmp.v2i1.882
Nusa, P. (2012). Research and development : penelitian dan pengembangan: suatu pengantar (1st ed., Vol. 1). Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Rahayu, C., Eliyarti, E., & Festiyed, F. (2019). Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Generative Learning dengan Pendekatan Open-ended Problem. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 164. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i3.6139
Rita, D., & Lia, A. N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Tuas Terhadap Antusiasme Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. Prossiding Seminar Hasil Penelitian 2019, 569–572.
Sa’adah, S. (2018). Sistem peredarah darah manusia (1st ed., Vol. 1). Bandung: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Gunung Djati.
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992
Sehmuliati, S. (2021). Penggunaan Alat Peraga Untuk Mempermudah Pemahaman Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mempelajari Materi Tentang “Jam” Di Kelas Vii 2 Smp Negeri 1 Lirik. JURNAL INOVASI PENELITIAN, 2(6), 1757–1762. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i6.965
Septy, N., Aprilia, S., Iwit, J. A., Luthfiah, N. F., & Luthfiah Nur Fadilla. (2021). Penggunaan Media Alat Peraga pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kampung Melayu III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 176–186. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1295
Sukandi, A., & Maulana, P. (2020). Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi Dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Di Sd. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2). https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2572
Uus, T., Sri, H., & Andrian, R. (2011). Membangun literasi sains peserta didik (1st ed., Vol. 1). Bandung: Humaniora.
Copyright (c) 2023 ratna dewi puspita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |