PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SISTEM PEREDARAN DARAH OTOMATIS MENGGUNAKAN DINAMO DALAM PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

ratna dewi puspita, Pamungkas Stiya Mulyani, Sri Jumini
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v9i1.332

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kevalidan pengembangan alat peraga sistem peredaran darah manusia otomatis menggunakan dinamo dalam pembelajaran IPA; Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah Research and Development (R&D), dengan model Borg and gall. Tahapan penelitian ini terdiri dari: 1) melakukan pengumpulan informasi, 2) melakukan perancangan, 3) mengembangkan bentuk produk awal, 4) melakukan uji coba terbatas, 5) melakukan revisi, 6) melakukan uji coba lapangan, 7) melakukan revisi. Alat peraga pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi. Hasil validasi produk oleh ketiga praktisi rata-rata berkategori sangat baik, baik dari segi materi pelajaran, unsur-unsur media yang baik serta sebagai pengguna, produk ini layak diterapkan pada pembelajaran materi sistem peredaran darah manusia

Keywords


pengembangan;Alat-peraga;Sistem peredaran darah

References


Abdul, H. A. (2011). Pengaruh penggunaan alat peraga kartu kotif (Koin Positif Negatif) terhadap hasil belajar Matematika Siswa ( Sebuah studi eksperimen di MI Syamsul Huda Ciganjur Jakarta). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/5649

Agus, S. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Matematika . In Diklat Guru Pengembangan Matematika SMK Jenjang Dasar (1st ed., Vol. 1, pp. 1–36). Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Ahmad, S. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Alam, Y. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 282. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.338

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8204

Depdikbud. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia / Departemen pendidikan nasional (Vol. 4). Jakarta: Gramedia pustaka utama.

Flores, C. (2018). Problem-based science, a constructionist approach to science literacy in middle school. International Journal of Child-Computer Interaction, 16, 25–30. https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2017.11.001

Ghulam, S., Khuram, S. H., Naqvi, H., & Nadeem, I. (2015). Impact of Visual Aids in Enhancing the Learning Process Case Research: District Dera Ghazi Khan. . Journal of Education and Practice, 6(19), 226–234. https://eric.ed.gov/?id=EJ1079541

Inayah, S. H., Nurhayati, & Oslan, J. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. SAINSMAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 7–13. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/sainsmat4112802015

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1682

Juwairiah. (2013). Alat Peraga Dan Media Pembelajaran Kimia. Visipena Journal, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i1.85

Muhammad, R. F., Aulija, E. W. R. S., Nur, H., Miftahussururi, Meyda, N. N., Qori, S. A., & Jemmi, M. A. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains (A. M. Luh (ed.); 1st ed., Vol. 1). Jakarta: TIM GLN Kemendikbud.

Nana, S., & Ahmad, R. (2010). Media Pengajaran (9th ed.). Jakarta: Sinar Baru Algensindo Offset.

Nurul, A., Mukhammad, A. F., & Bayu, W. (2018). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegal. JMPP: Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(1), 61–66. https://doi.org/https://doi.org/10.24905/jpmp.v2i1.882

Nusa, P. (2012). Research and development : penelitian dan pengembangan: suatu pengantar (1st ed., Vol. 1). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rahayu, C., Eliyarti, E., & Festiyed, F. (2019). Kepraktisan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Generative Learning dengan Pendekatan Open-ended Problem. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 164. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i3.6139

Rita, D., & Lia, A. N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Tuas Terhadap Antusiasme Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas. Prossiding Seminar Hasil Penelitian 2019, 569–572.

Sa’adah, S. (2018). Sistem peredarah darah manusia (1st ed., Vol. 1). Bandung: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Gunung Djati.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992

Sehmuliati, S. (2021). Penggunaan Alat Peraga Untuk Mempermudah Pemahaman Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mempelajari Materi Tentang “Jam” Di Kelas Vii 2 Smp Negeri 1 Lirik. JURNAL INOVASI PENELITIAN, 2(6), 1757–1762. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i6.965

Septy, N., Aprilia, S., Iwit, J. A., Luthfiah, N. F., & Luthfiah Nur Fadilla. (2021). Penggunaan Media Alat Peraga pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kampung Melayu III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 176–186. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1295

Sukandi, A., & Maulana, P. (2020). Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi Dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran Di Sd. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2). https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2572

Uus, T., Sri, H., & Andrian, R. (2011). Membangun literasi sains peserta didik (1st ed., Vol. 1). Bandung: Humaniora.




Copyright (c) 2023 ratna dewi puspita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait