Pengembangan E-handout Pembelajaran IPA Berbasis STEM Terintegrasi Web Assemblr Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis di SD/MI

Irma hanifa, Retno Triwoelandari, Yono Yono
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v9i1.318

Abstract


Bahan ajar yang kreatif dan inovatif merupakan bagian penting untuk membangun pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa Sekolah Dasar. Pada penelitian ini pengembangan bahan ajar yang dipilih adalah e-handout pembelajaran IPA berbasis STEM terintegrasi dengan web assemblr untuk meningkatkan siswa berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kelayakan e-handout pembelajaran IPA berbasis STEM, 2) untuk mengetahui efektifitas e-handout pembelajaran IPA berbasis STEM terhadap pencapaian berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ASSURE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 MI Riyadul Mukhlisin. Hasil dari penelitian ini yaitu pada tahap validasi ahli materi memperoleh presentase nilai sebesar 85,8% dengan kategori sangat valid , ahli bahasa sebesar 71,1% dengan kategori valid, ahli desain sebesar 86,5% dengan kategori sangat valid. Sementara itu, hasil rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelompok besar kelas kontrol memperoleh nilai sebesar 10,067 dan kelas eksperimen sebesar 16,267. Maka dari hasil tersebut menunjukkan e-handout pembelajaran IPA berbasis STEM terintegrasi web assemblr terhadap pencapaian siswa berpikir kritis layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Pembelajaran IPA, STEM, Berpikir Kritis, Assemblr

References


Aisyah. (2019). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Interaktif Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Abad 21. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/1733/pdf

Davidi, E. I. N., Sennen, E., & Supardi, K. (2021). Integrasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Enggeenering and Mathematic) Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 11–22. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p11-22

Hamzah Amir. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development.

Ishak, A. M. F., Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima Di Kabupaten Barru. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 38–58.

Izzah, N. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa. 9(1). https://doi.org/https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/download/3495/1603

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains (p. 56). https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Khe4DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=bahan+ajar+berbasis+literasi&ots=yVLRLVmGo7&sig=CxZvk3InDBAyYK_W1zio8a2414g&redir_esc=y#v=onepage&q=bahan ajar berbasis literasi&f=false

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Lestiana, I., Aed, M., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Wondering Exploring Explaining (Wee) Science Pada Materi Struktur Bumi Dan Dinamikanya. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 10(1), 113–129. https://doi.org/10.30957/konstruk.v10i1.459

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas SiswaSD/MI. Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Wati, I., & Kamila, I. (2019). Pentingnya Guru Professional dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12(1), 364–370. e-mail: missindah49@gmail.com




Copyright (c) 2023 Irma hanifa, Retno Triwoelandari, Yono Yono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait