PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF CANVA PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI SISWA MI/SD
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi karena permasalahan yang terjadi pada saat ini yaitu masih kurangnya implementasi guru dapat mengembangkan kemampuan kolaborasi pada siswa serta media dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru belum bervariasi sehingga membuat siswa menjadi bosan ketika proses pembelajaran, maka peneliti melakukan mengembangan produk berupa media pembelajaran interaktif canva pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk meningkatkan kolaborasi siswa SD/MI. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam belajar serta didalamnya terdapat materi kegiatan yang dapat menumbuhkan kemampuan kolaborasi pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Rnd (Research and Development) dengan model ASSURE. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi dan lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian dan kelayakan validasi, uji coba dan keeafektifan maka dapat simpulkan bahwa media pembelajaran interaktif canva efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi pada siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Muhyani. (2019). Metodelogi Penelitian Cara Mudah Melakukan Penelitian. Bogor:Raziv Akbar.
Nurmala, S., Triwoelandari, R. & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI, Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034.https://jbasic.org/index.php/basicedu.
Nurrahmah, A., Mulyatna, F. & Karim, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru dan Dosen. Jurnal Pengabdian kepada masyarakat.12(3), 407–412. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.
Pahleviannur,M.R.(2021).Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Teori Dan Implementasi.Sukoharjo:Pradina Pustaka.
Pramuji, L., Permanasari, A. & Ardianto, D. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis STEM Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Science Education And Practice, 2(1),27–43.:https://journal.unpak.ac.id/index.php/jsep%0A1.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).224 https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824/8934.
Rudi, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 13 (1). 229. http://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/833.
Wulandari, T. & Mudinillah, A.2022. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA MI / SD.. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. 2(1), 102–118. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia.
Zuryanty, dkk. (2020). Pembelajaran STEM Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deep Publisher.
Copyright (c) 2023 L. Latifah, Retno Triwoelandari, Fahmi Irfani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |