ANALISIS KESETIMBANGAN BENDA DENGAN HUKUM I NEWTON
Abstract
Penelitian dilakukan dengan menggunakan alat yang berupa katrol. Pada percobaan pertama dengan mengubah massa dan mengamati berapa sudut ?. Kemudian massa di tambah beban lagi. Pada percobaan yang kedua dengan sama saja dengan mengubah massa tapi dengan mengamati berapa sudut ? yang diperoleh setiap penambahan massa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh setiap penambahan beban pada sudut ?, 2) ada pengaruh terhadap sudut ? bila massanya ditambah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dimana alat yang digunakan berupa katrol, pada katrol tersebut digantungkan sebuah beban, penambahan beban pada salah satu ujung tali akan menunjukkan perubahan posisi sudut. Dari hasil percobaaan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapatperbandingan antara sudut ? dan sudut ? dengan menggunakan alat katrol.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dudeliany J. A., dkk,. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-FISIKA di SMP. , Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 3, 2014, hal. 254-259
Halliday & Resnick. 1998. Fisika Dasar. Jakarta: Erlangga
Giancoli. 2001. FISIKA Edisi 5 Jilid 2 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga
Paul A, Tipler. 1998. Physicks for Scientist and Engineers,Third Edition. Jakarta : Erlangga.
Tipler Paul A. 1998. Fisika untuk Sains dan Teknik. Jakarta: Erlangga.
Copyright (c) 2017 SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |