PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE BERBANTUKAN PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
Abstract
Pemahaman konsep didefinisikan sebagai kemampuan suatu individu dalam memahami suatu konsep tertentu. Peserta didik belum dapat dikatakan memiliki pemahaman konsep apabila peserta didik belum dapat dalam menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari, Pada saat ini proses belajar masih belum optimal dalam mengembangkan kemampuan peseta didik. Penerapan model pembelajaran POE berbantukan PhET simulation diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep serta minat belajar peserta didik. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperimen model Posttest Control Only Design. Penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana pada kelas eksperimen akan diberikan perlakuan yaitu selama pembelajaran akan menerapkan model pembelajaran POE berbantukan PhET simulation, sedangkan di kelas kontrol pembelajaran tetap menggunakan model konvensional. Setelah kelas tersebut diberikan perlakuan, maka kedua kelas akan diberikan tes pemahaman konsep yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda. Kemudian, tes pemahaman konsep tersebut akan dianalisis menggunakan analisis deskriptif melalui pemahaman konsep siswa dan analisis inferensial melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis berupa Uji Mann Whitney.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fitriati, Ita, Ramdani Purnamasari, Nur Fitrianingsih, Ika Irawati. 2021. Implementasi Digital Game Based Learning Menggunakan Aplikasi Educandy Untuk Evaluasi dan Motivasi Belajar Mahapeserta didik Bima. Prosiding seminar nasional penelitian dan pegabdian 2021(hlm 307-308). Bima : STKIP Taman Peserta didik Bima.
Galla, M. W., Marianus, M. dan Dungus, F. 2020. Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan PhET Terhadap Proses dan Hasil Belajar Siswa. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(3), 108-112.
Hariyanto, A. 2016. Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Paket Program Simulasi Phet Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 365-378.
Indriana, Vida., Arsyad, N., dan Mulbar, U. (2015). Penerapan pendekatan pembelajaran POE (predict-observe-explain) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA-1 SMAN 22 Makassar. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), 51-62
Kumala, Dina Erawati. 2019. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Melalui Model Student Teams-achievment Divisions (STAD) pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Salatiga
M. P. Restami, K. Suma, M. Pujani, Pengaruh Model Pembelajaran POE (PredictObserve-Explain) terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah ditinjau dari Gaya Belajar Peserta didik, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar, Vol.3, 2013.
Muna dan Izza Aliyatul.2017. Model Pembelajaran POE (predict-observe-explain) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses IPA. El-wasathiya: Jurnal Studi Agama, Vol 5 No.1, 73-91.
Nahdi, Dede Salim, Devi Afriyuni Yonanda dan Nurul Fauziah Agustin. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik Melalui 59 Penerapan Metode Demonstasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 4 No. 2, 9-12
Novanto, Yogi. S., Anitra, R., & Wulandari, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Poe Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 205-211.
Nurliana, A., Rodiyana, R., & Haryanti, Y. D. (2019, October). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan(Vol.1,pp.776-786).
Sepriani, Yulia., Tanti, T., & Afdala, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan PhET Terhadap Hasil Belajar fisika Siswa kelas X (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Sudiadnyani, P., & Garminah, D. N. S. N. N. (2013). Pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SD di Kelurahan Banyuasri. Mimbar PGSD Undiksha,1(1).
Widiastuti, Ratna, Ika Candra Sayekti, Rita Eryani. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basiedu. Vol. 4 No. 4 : 2082-2089.
Zakiah, Suci dan Tatang Ibrahim. 2019. Pentingnya Pemahaman konsep untuk Mengatasi Miskonsepsi dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 13; No. 01, 130- 136.
Copyright (c) 2023 yogi nurmansyah agustiawan, Y Yennita, M Nor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |