Articulate Storyline: Media Pembelajaran Fluida Statis Berbasis Android

Muhammad Fadlianto, Apit Fathurohman, Muhamad Yusup
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v8i2.298

Abstract


Smartphone android belum dimanfaatkan secara optimal sebagai media belajar. Pemanfaatan smartphone yang mendukung peserta didik untuk belajar mandiri. Smartphone juga mendukung siswa untuk membuka konten dan mengaksesnya dari mana saja, sehingga mereka dapat belajar kapan saja dan di mana saja. Pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran termasuk mobile learning . Penelitian ini ingin menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis android yang layak sebagai media pembelajaran fluida statis untuk SMA Kelas XI. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Alessi dan Trollip.Tahap pengembangan yang dilakukan adalah: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Pada tahap pengembangan dilaksanakan tes alfa dan tes beta. Tes alfa dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu ahli media, ahli materi, dan teman sejawat (guru fisika). Tes beta dilakukan terhadap 6 siswa SMA Negeri 1 Air Sugihan yang memiliki tingkat kemampuan kognitif yang berbeda. Tes alfa yang dilakukan menilai rata-rata 91% dengan ketegori sangat layak. Kemudian tes beta penilaian rata-rata 88% dengan ketegori sangat layak. Jadi produk media pembelajaran mobile learning berbasis android yang dihasilkan sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


articulate storyline; media pembelajaran; mobile learning; android

References


Surjono, H. D. (2017). Multimedia pembelajaran interaktif, konsep dan pengembangan. UNY Press.

Simanjuntak, B. R., & Budi, E. (2018). The Development of Web-based Instructional Media for Teaching Wave Physics on Android Mobile. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/1.04101

Dewi, Sisi S. et al. (2019). Integrasi Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pengembangan Mobile Apps Fisika (Mafis) Pada Materi Suhu Dan Kalor. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 173. https://doi.org/10.32699/spektra.v5i2.110

Badiro, D., Syuhendri, S., & Fathurohman, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Android Berbasis Teori Perubahan Konseptual Materi Tata Surya Dan Fase Bulan Mata Kuliah Ipba. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 103–112. https://doi.org/10.36706/jipf.v6i1.7825

Han, I., & Shin, W. S. (2016). The use of a mobile learning management system and academic achievement of online students. Computers and Education, 102, 79–89. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.07.003

Istiqomah, R. M., Kurniawan, E. S., & Sriyono, S. (2019). Pengembangan bahan ajar fisika SMA berbasis masalah menggunakan android untuk meningkatkan kemampuan evaluasi peserta didik. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 28. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.11366

Dian Anggraeni, R., & Kustijono, R. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 3(1), 11. https://doi.org/10.26740/jpfa.v3n1.p11-18

Kurniawan, Y. (2020). THE DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED “SMART LITERACY SCIENCE” APPLICATION FOR 7th GRADE STUDENTS. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(2), 196. https://doi.org/10.32699/spektra.v6i2.162

Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021

Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380–2391. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/797

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.3208

Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd Edition). Allyn and Bacon.

Taufiq, M., Amalia, A. V., Parmin, P., & Leviana, A. (2016). Design of science mobile learning of eclipse phenomena with conservation insight android-based app inventor 2. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 291–298. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.7375

Tuada, R. N., Kuswanto, H., Saputra, A. T., & Aji, S. H. (2020). Physics mobile learning with scaffolding approach in simple harmonic motion to improve student learning independence. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012043

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707

Novia, H., & Hidayat, F. (2019). Hubungan kemandirian terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika di kelas X SMK kota cimahi. Journal on Education, 1(02), 1–8.

Oktavera, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 312. https://doi.org/10.21009/jpd.062.13

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754




Copyright (c) 2022 Muhammad Fadlianto, Apit Fathurohman, Muhamad Yusup

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait