Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Terhadap Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V Di SDN Kapuk 08 Petang

Fiki Nurani, Aslam Aslam
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v9i1.296

Abstract


Dengan tema 5 sebagai ekosistem, penelitian ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran Articulate Storyline 3 untuk pembelajaran tematik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X X SDN Kapuk 08 Petang. Pendekatan model pengembangan ADDIE digunakan dalam metode penelitian ini, yang berisi lima langkah dalam proses penelitian: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), dan 4) Implementasi. (Implementation), dan 5) Evaluasi (Evaluation). Untuk mengetahu kelayakan dari media ini, dilakukan uji validitas oleh beberapaXvalidator yaitu ahli media,Xahli materi, dan pakar pendidikan. Reaksi siswa terhadap materi pembelajaran Articulate Storyline 3 menunjukkan kegunaan media ini. Media ini terbukti valid karena, terbukti melalui beberapa validator yang menghasilkan rata-rata angka persentase mencapai 88,77%. Kemudian media terbukti valid, berdasarkan hasil lembar instrument respon peserta didik dengan hasil rata-rata angka persentase mencapai 86,60%.

Keywords


Media Pembelajaran; Articulate Storyline; Pembelajaran Tematik; Ekosistem; Media Pembelajaran IPA

References


Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 150–157. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Kumalasari, M. P. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Maharani Putri Kumalasani PGSD Universitas Muhammadiyah Malang Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) Bergerak Secara Dinamis Seiring dengan Perkembangan Zam. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed.). KENCAN A.

Malawi, I., & Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi) (E. Riyanto (ed.); 2nd ed.). CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109.

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432

Novianto, A., & Mustadi, A. (2015). Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, Dan Authentic Assessment Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1), 109685. https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7181

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu (I. Fahmi & Jferyandi (eds.); 1st ed.). KENCAN A.

Rohman, S. N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156.

https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772

Sunami, M., A., & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129

Utami, Y. S., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar,

(1), 62–71. https://doi.org/10.26618/JRPD.V4I1.5056

Widyastusi, A., Mawati, A. T., Yuniwati, I., Simarmata, J., Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Gandasari, D., & Inayah, A. N. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan (T. Limbong (ed.);

st ed.). Yayasan Kita Menulis




Copyright (c) 2023 Fiki Nurani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait