PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 4 SOPPENG

Ditya Zul Asmi, Sidin Ali, Khaeruddin Khaeruddin, Ihsanulfu’ad Suwandi
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v9i1.295

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sesungguhnya menggunakan desain faktorial 2x2. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis skor motivasi belajar fisika dan keterampilan proses sains peserta didik baik yang diajar menggunakan pembelajaran berbasis proyek maupun yang diajar menggunakan pembelajaran langsung. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar fisika peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 peserta didik yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan kelas X MIA 1 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Pengujian hipotesis dilakukan dengan anava dua jalur, menunjukkan skor rata-rata keterampilan proses sains yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek sebesar 9,64 dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung sebesar 6,32. Adapun perbedaan skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar fisika tinggi sebesar 9,72 dan 8,36. Sedangkan skor rata-rata keterampilan proses sains peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung untuk peserta didik yang memiliki motivasi belajar fisika rendah sebesar 9,91 dan 4,18. Berdasarkan uraian pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan proses sains peserta didik, terdapat perbedaan antara model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan proses sains peserta didik dengan motivasi tinggi, terdapat perbedaan antara model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung terhadap keterampilan proses sains peserta didik dengan motivasi rendah, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan proses sains peserta didik.

Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains

References


P. Priyambodo and W. Saputri, “Bagaimana Menjadi Guru Sains di Era 4.0 bagi Generasi Y dan Z?,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 7, no. 2, pp. 154–165, 2021.

H. Wahyuni and U. Pratiwi, “Penerapan Metode Pre-Experimental pada Materi Gerak Lurus Beraturan ( GLB ) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa,” vol. 8, no. 1, pp. 52–57, 2022.

A. Mahardika, M. M. Chusni, and G. Istiningsih, “Pembelajaran ipa berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas sains siswa sd,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 2, no. 2, pp. 92–99, 2017.

D. Octariani and I. H. Rambe, “Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA,” Genta Mulia J. Ilm. Pendidik., vol. 11, no. 1, 2020.

I. K. A. Winaya, I. G. M. Darmawiguna, and I. G. P. Sindu, “Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 13, no. 2, pp. 198–211, 2016.

S. Irman, “Validasi Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital,” J. Imiah Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 2, pp. 260–269, 2020.

I. Royani, B. Mirawati, and H. Jannah, “Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa,” Prism. Sains J. Pengkaj. Ilmu dan Pembelajaran Mat. dan IPA IKIP Mataram, vol. 6, no. 2, pp. 46–55, 2018.

S. M. K. N. Tanjungsari, J. Baron, and K. Kemadang, “METODE GALLERY WALK BAGI SISWA KELAS X SEMESTER GASAL Abstrak Seorang guru mempunyai peran untuk meningkatkan hasil belajar siswa , dengan suatu arahan bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa . Salah satunya kepada siswa . Dengan adanya motivasi belaja,” vol. 6, no. 1, pp. 11–18, 2020.

R. Haryadi and R. Nurmala, “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa,” SPEKTRA J. Kaji. Pendidik. Sains, vol. 7, no. 1, pp. 32–39, 2021.

N. W. Y. Amanda, I. W. Subagia, and I. N. Tika, “pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari self efficacy siswa,” J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., vol. 4, no. 1, 2014.




Copyright (c) 2023 Ditya Zul Asmi Sidin Ali Khaeruddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait