Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa Kelas 5 Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Kalibaru 05

Prissy Purwitasari, Desvian Bandarsyah, Sulaeman Sulaeman
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v9i1.289

Abstract


Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7E untuk meningkatkan penguasaan literasi sains siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPA di SDN Kalibaru 05 Jakarta Utara. Jenis penelitian yaitu penelitian semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Pretest-Posttest Group Design. Populasi penelitian sebanyak 92 siswa dan dari populasi tersebut diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data literasi sains didapatkan dengan menggunakan instrument tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal pada materi siklus air. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil analisis rata-rata skor tes literasi sains siswa kelas eksperimen adalah 69,65 dan rata-rata skor tes literasi sains siswa kelas kontrol adalah 60,97. Hasil uji paired sample t-test diperoleh dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka diperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 7E terhadap penguasaan literasi sains siswa di kelas 5 SDN Kalibaru 05 Jakarta Utara.


Keywords


Literasi sains; Model Pembelajaran; Learning cycle 7E

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunasah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis.

Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains Dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(November), 196–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551978

Amin, M. (2017). Sadar Berprofesi Guru Sains, Sadar Literasi : Tantangan Guru di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017 “Biologi, Pembelajaran, Dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner,” April, 9–20.

Desna Wati, Miterianifa, & Refelita, F. (2019). Analisis Literasi Sains Siswa Kelas XI pada Materi Koloid di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1), 1. https://doi.org/10.32699/spektra.v5i1.66

Diana, A., Sofyan, Putra, A., & Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 “ Aku dan Cita- Citaku ” SD Negeri 6 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 79–88.

Fibonacci, A. (2020). Literasi Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Kimia.

Irsan. (2021). Implementasi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Istuningsih, W., Baedhowi, & Sangka, K. B. (2018). The Use Of Electrinic Modules For Learning Effectiveness. Ijere, 03(03), 75–85.

Khairani, Z., Nasution, D., & Bukit, N. (2021). Analysis of Science Process Skills Using Learning Cycle 7E. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1811/1/012085

Ngalimun, Fauzani, M., & Salabi, A. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran (ke-2).

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Vol. I. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD. https://doi.org/10.1787/b25efab8-en

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612

Purba, R. T. B., Zurweni, & Syamsurizal. (2021). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga the Effect of the 7E Learning Cycle Model on Scientific Literacy Skill on the Buffer Solution Topic. 10(3).

Qulud, Wahidin, & Yuyun Maryuningsih. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Arjawinangun. Scientiae Educatia, 5(1), 1–14.

Sugiman, I. M. H., Suma, K., & Sujanem, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Di Kelas X Sman Tahun Pelajaran 2018 / 2019. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 9(2), 97–105.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods).

Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2021). RENDAHNYA LITERASI SAINS: FAKTOR PENYEBAB DAN ALTERNATIF SOLUSINYA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(2), 153–166.

Wijayama, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Problem Based Learning Peserta Didik Kelas Vi. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 190–198.

Winata, A. (2018). KEMAMPUAN AWAL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS V. Jtiee, 2(1), 58–64.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592




Copyright (c) 2023 Prissy Purwitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait