Korelasi Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar IPA Kelas VI SDN Mekarjaya 01

Rachmiah Husnun Nazibah, Supriansyah Supriansyah
DOI: http://dx.doi.org/10.32699/spektra.v9i1.285

Abstract


Penelitian ini dilakukan bermaksud untuk mengetahui korelasi antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPA kelas VI SDN Mekarjaya 01. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian sebanyak 25 siswa kelas VI SDN Mekarjaya 01 yang juga sekaligus digunakan sebagai sampel (teknik sampling jenuh). Teknik pengumpulan data bersifat non tes menggunakan angket berupa pernyataan untuk gaya belajar siswa dan dokumentasi untuk pengumpulan data hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan siswa kelas VI SDN Mekarjaya 01 memiliki kecenderungan kepada gaya belajar visual dengan persentase sebesar 68%. Hasil belajar IPA yang didapatkan dari Penilaian Tengah Semester (PTS) genap menunjukkan rata-rata nilai 86,89. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikan α = 5% didapati nilai rhitung > rtabel yaitu 0,453 > 0,396 dan rhtiung bernilai positif. Nilai signifikansi didapatkan sebesar 0,023 < 0,05. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat korelasi posititf dan signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar IPA kelas VI SDN Mekarjaya 01. 

References


Anas, A., & Munir, N. P. (2019). Pengaruh Gaya Belajr VAK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 233–240. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226

Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD Pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 409–413.

Aziz, F. R. N., Pamujo, & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Siswa Berprestasi Di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26–31. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/2658

Feri, A., & Zulherman. (2021a). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418–426. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127

Feri, A., & Zulherman. (2021b). Development of nearpod-based e module on science material“ energy and its changes” to improve elementary school student learning achievement. International Journal of Education and Learning, 3(2), 165–174. https://doi.org/10.31763

Ghufron, M. N., & S, R. R. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoritik (3rd ed.). Pustaka Belajar.

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128

Hasyyati, & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Mentimeter untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(4), 2550–2562.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Anas, A., & Munir, N. P. (2019). Pengaruh Gaya Belajr VAK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 233–240. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226

Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD Pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 409–413.

Aziz, F. R. N., Pamujo, & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Siswa Berprestasi Di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26–31. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/2658

Feri, A., & Zulherman. (2021a). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Nearpod. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 418–426. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.33127

Feri, A., & Zulherman. (2021b). Development of nearpod-based e module on science material“ energy and its changes” to improve elementary school student learning achievement. International Journal of Education and Learning, 3(2), 165–174. https://doi.org/10.31763

Ghufron, M. N., & S, R. R. (2014). Gaya Belajar Kajian Teoritik (3rd ed.). Pustaka Belajar.

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128

Hasyyati, & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Menggunakan Mentimeter untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(4), 2550–2562.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Gaya Belajar Auditorial Terhadap Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1–8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v3i1.484

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prabanitha, M. I., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). Korelasi Antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 25(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25650

Subini, N. (2020). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar (1st ed.). Javalitera.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D (22nd ed.). Alfabeta.

Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. In ANDI.

Winarto, Lutfianingsih, & Kristyaningrum, D. H. (2020). Pengembangan Media Student Worksheet IPA Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1), 101–112. http://doi.org/ 10.32699/spektra.v6vi1i.138

Yuliastini, L. G. I., Wiyasa, I. K. N., & Manuaba, I. B. S. (2020). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Ilmu, 25(1), 11–19. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24480

Zulherman, Amirullah, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18218




Copyright (c) 2023 Rachmiah Husnun Nazibah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait