MEDIA ULAR TANGGA DAN LITERASI: ANALISIS PENGARUH PADA MATERI MITIGASI BENCANA BANJIR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Abstract


The purpose of this study is to examine the validity of learning media in the design of snakes and ladders for disaster prevention and mitigation materials in junior high school in science education. The ADDIE approach was employed in the research, using two classes: the first trial class and the second test class (final implementation). This study's sample size was 25 students in the first trial class and 58 students in the second trial class. A validation questionnaire and a literacy test were used to collect data, which was then analyzed using statistical tests and SPSS software. The results show that the snake and ladder media developed are very valid (90 percent) of four expert validators, the literacy question instrument is valid (r-count > r table), and the results of the paired sample test show a significant effect on student disaster literacy (sig. 2 tailed 0.05). The snake and ladder media designs can be correctly applied and utilized on various catastrophe mitigation subjects. More study is needed to determine the relationship between students' disaster mitigation literacy and their enthusiasm for learning about disaster mitigation

Keywords


Snakes and ladders Media, Disaster Mitigation Literacy, Science Learning

References


Aprilia, Y., & Iswendi, I. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Senyawa Hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1220–1230. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/548

Asmar*, A., & Suryadarma, I. G. P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Berbasis Perahu Phinisi untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Pengetahuan Konseptual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 565–578. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20994

Latjompoh, M., Haris Odja, A., & Toonawu, N. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Ular Tangga Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(December), 1–5. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft

Nissa, S. A. K., Kasmantoni, Mukti, W. A. H., & Suharyati. (2021). Pengembangan Modul untuk Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 01(2), 58–64.

Novitasari, A., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran UTAPSI (Ular Tangga Pintar Edukasi) untuk Meningkatkan Hassil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 789–799. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.821

Pamungkas, S., & Azmi, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Edukatif Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kolonialisme Dan Imperialisme Bangsa Eropa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 137. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i1.208

Septaria, K., Fatharani, A., & Yasa, A. D. (2022). COVID-19 is a Conspiracy Disease? Diagnostic Mental Models and Students’ Cognitive Abilities. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 6(1), 18–32. https://doi.org/10.36312/esaintika.v6i1.561

Utami, E., Pangestika, R. R., & ... (2021). Penerapan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Bayan. Jurnal Pendidikan …, 2(2), 106–113. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/download/1652/1015

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68.

Wildani, A., Budiyono, A., & Zaitun, Z. (2021). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 96–103. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2864

Wulandari, P. K. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MELALUI MEDIA ULAR TANGGA KEWARGANEGARAAN PADA MATA PELAJARAN PPKN. Jurnal: Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Volume 5(Nomor 1), hlm: 131-138. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/7820/3749

Yuliana, & Hambali. (2020). Pengembangan Job Sheet Praktikum sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 06(01), 120–126.

Yuniar, R. E., Suprapto, N., & Mubarok, H. (2020). Triggering Students’ Scientific Literacy through Static Fluid Scrapbook. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012057

Ajeng, S. (2020). STIKes Muhammadiyah Ciamis. Snakes and Ladders Game for Discipline Education of Disposing of Garbage , 27-32.

Arianto, F. (2022). Universitas Muhammadiyah Jakarta. PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERTEMA MITIGASI BENCANA BERBASIS WEBSITE , 25-36.

Arifianti, Y. (2021). BUKU MENGENAL TANAH LONGSOR SEBAGAI MEDIAN PEMBELAJARAN BENCANA SEJAK DINI. JAKARTA: ALFABETA.

Arsyad. (2017). Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi. Bandung: Alfa.

Margono. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono. (2014). UIN Sunan Ampel Surabaya. Hubungan Harga Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Prestasi Belajar , 1-10.

Marhaeni. (2022). Universitas Nahdlatul Wathan Mataram. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA BIOLOGI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII , 23-30.

Nasrullah, Y. (2022). Universitas Negeri Jakarta. Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Anak , 832-843.

Nur, Z. (2021). Universitas Muhammadiyah Makasar. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME FLASH ADVENTURE QUIZ BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATAprilia, Y., & Iswendi, I. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Senyawa Hidrokarbon di Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1220–1230. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/548

Asmar*, A., & Suryadarma, I. G. P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Berbasis Perahu Phinisi untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Pengetahuan Konseptual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 565–578. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20994

Latjompoh, M., Haris Odja, A., & Toonawu, N. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Ular Tangga Pada Materi Energi Dalam Sistem Kehidupan. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 9(December), 1–5. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft

Nissa, S. A. K., Kasmantoni, Mukti, W. A. H., & Suharyati. (2021). Pengembangan Modul untuk Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 01(2), 58–64.

Novitasari, A., & Kristin, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran UTAPSI (Ular Tangga Pintar Edukasi) untuk Meningkatkan Hassil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 789–799. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.821

Pamungkas, S., & Azmi, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Edukatif Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Masa Kolonialisme Dan Imperialisme Bangsa Eropa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(1), 137. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v11i1.208

Septaria, K., Fatharani, A., & Yasa, A. D. (2022). COVID-19 is a Conspiracy Disease? Diagnostic Mental Models and Students' Cognitive Abilities. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 6(1), 18-32.

Septaria, K. (2022). Manga Versus Webtoon: Alternative Science Learning Module Based on Dr. Stone. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 8(1).

Dianti, H. E. N., Febrisari, P., Ridho, A. A., & Septaria, K. (2022). The Disaster Box Mystery as a Media for Growing Disaster Preparedness and Literacy among Junior High School Students. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 10(2), 390-398.

Septaria, K., Fatharani, A., & Yasa, A. D. (2022). COVID-19 is a Conspiracy Disease? Diagnostic Mental Models and Students’ Cognitive Abilities. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 6(1), 18–32. https://doi.org/10.36312/esaintika.v6i1.561

Utami, E., Pangestika, R. R., & ... (2021). Penerapan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Bayan. Jurnal Pendidikan …, 2(2), 106–113. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/download/1652/1015

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68.

Wildani, A., Budiyono, A., & Zaitun, Z. (2021). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 96–103. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2864

Wulandari, P. K. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MELALUI MEDIA ULAR TANGGA KEWARGANEGARAAN PADA MATA PELAJARAN PPKN. Jurnal: Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Volume 5(Nomor 1), hlm: 131-138. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/7820/3749

Yuliana, & Hambali. (2020). Pengembangan Job Sheet Praktikum sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 06(01), 120–126.

Yuniar, R. E., Suprapto, N., & Mubarok, H. (2020). Triggering Students’ Scientific Literacy through Static Fluid Scrapbook. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1491/1/012057

A PELAJARAN IPA KELAS VII DI SMP UNISMUH MAKASSAR , 1-112.

Nuraeni, S. (2022). UIN SAIZU Banyumas Indonesia. Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak , 2410-2413.

Qodrifuddin, T. A. (2022). Universitas Mataram. Peningkatan Pemahaman Masyarakat terhadap Bahaya dan Dampak Bencana Alam Serta Penanggulangannya , 173-177.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Utami, S. D. (2020). Universitas Sebelas Maret. PERUT SINCAN (Snakes and Ladders Game of Disaster Mitigation) as a Disaster Education Learning Medium , 76-82.

Widiastuti, F. (2020). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar , 36-50.




Copyright (c) 2023 Kiki Septaria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.


SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:

Hasil gambar untuk icmjeGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkaitGambar terkaitGambar terkait
Gambar terkait