PENGARUH METODE EXSPERIMENTAL DENGAN MODEL KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengaruh penggunaan metode experimental menggunakan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode experimental menggunakan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA Muhammadiyah Purworejo dan mengetahui efektivitas pembelajaran fisika melalui metode experimental pada pokok materi bandul matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang dikumpulkan dihitung menggunakan N-Gain dan analisis menggunakan uji normalitas uji t-test. Didapatkan hasil perhitungan N-gain sebesar 0.53 dan termasuk ke dalam kategori sedang. Uji normalitas diperoleh hasil Asymp.Sig.(2-tailed) > 0.05. Hasil analisis data melalui t-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode experimental dengan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika.
Kata Kunci: metode experimental, model kontekstual, keterampilan berpikir kritis.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Copyright (c) 2022 Sintya Delisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SPEKTRA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Number of P-ISSN = 2442-9910 and E-ISSN = 2548-642X.
SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |